AspirasiBantuan SosialRelawan Me DanSosialitaWoja

Relawan Me-Dan Salurkan Bantuan untuk Lansia di Woja

Sunday, October 31, 2021, October 31, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-31T12:00:57Z
Relawan Me-Dan, saat menyalurkan bantuan sosial untuk Lansia, (Foto: Ist/Fm)



Woja, Dompu Siar - Relawan Forum Medis dan Aksi Kemanusiaan (Me-Dan) dompu menyalurkan bantuan Sosial berupa pembagian beras untuk lansia di Masjid Nurul Iman, Dusun Wawo Baka, Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu-NTB, pada Sabtu (30/10).


Ketua Me-Dan Dompu, Syafrin A.Md. Kep. di hadapan para jamaah dan lansia yang hadir menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terselenggara atas donasi para donatur melalui forum Me-Dan yang di pimpinnya.


Selain bantuan sosial, Kata dia, pihaknya juga mengadakan kegiatan lain berupa penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba pada generasi muda dan pengobatan gratis di setiap wilayah terdampak pasca bencana alam.


Dijelaskannya, pembagian sembako berupa beras tersebut diperuntukan bagi 15 orang lansia dan kegiatan kemanusiaan tersebut dipastikan akan ber-kesenambungan di sejumlah desa-desa lain.


Untuk itu, dia berharap uluran tangan para donatur. Sekiranya dapat membantu menyisipkan sebagian rezekinya dalam menyantuni lansia, fakir miskin terlebih para janda.


"Jika ada donatur yang berminat menyumbang hubungi nomor kami ini 085337727888, kami siap menjemput. Atau bisa langsung ke sekretariat Me-Dan Dompu yang beralamat di Desa Wawonduru," pintanya.


Sementara itu di waktu terpisah selesai acara, Ustaz Taqiyudin S.Pd.I menjelaskan, kegiatan baksos yang di lakukan Relawan Me-Dan merupakan bentuk perhatian kepada umat. 



Menurutnya, perhatian itu bukan hanya pada jasmani berupa mendengar ceramah, tapi juga yang tatkala pentingnya adalah memperhatikan kebutuhan rohani. Dengan harapan, adanya kegiatan tersebut jiwa para jamaah ikut tersentuh sehingga dakwah mudah didengar. 



"Seperti kata Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, umat ini tertimpa fitnah. Maka keterlibatan orang-orang yang memiliki kelebihan harta sangat diharapkan," terang Ustaz Taqiyudin.



Dijelaskannya, sebagaimana di ingatkan Rasulullah SAW, bahwa orang-orang yang menyantuni fakir miskin, anak yatim dan kaum dhuafah nanti di akhirat akan menjadi keluarga Rasulullah SAW. Dan diantara tujuh manusia yang mendepat naungan Allah SWT di hari kiamat menurutnya adalah orang menginfakkan hartanya dijalan Allah. 



Sementara keutamaan lain bersedekah di dunia menurut Ustaz taqiyudin, akan mendapatkan kemuliaan yang besar, diberi keberkahan harta, dilipat gandakan rezekinya. Selain itu dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 



"Jika pingin menyembuhkan penyakit, maka bersedekahlah. Sudah banyak bukti kesembuhan sebab dari bersedekah" tuturnya 


Sementara itu diceritakan Ustaz Taqiyudin, dulu ada TKW asal indonesia yang berangkat kerja di Saudi Arabia karena faktor ekonomi. Dia terpaksa berangkat meninggalkan bayi yang baru dilahirkan.


Majikan, (Tuan rumah) yang kaya raya saat saat itu terkena kanker. Dan dalam waktu beberapa hari menunggu dioperasi. 


Kadarullah (Atas ketetapan Allah), datanglah pembantu tersebut ke rumah majikan dengan meninggalkan bayi yang baru disusuinya tersebut.


"Setiap hari pembantunya ini selesai sholat dzuhur dia masuk ke kamar mandi untuk memerah asinya. Jadi kalau tidak diperah otomatis akan menyebabkan asi itu basi sehingga akan dirasa nyeri pada ibu tersebut," jelas ustaz taqiyudin. 


Lebih lanjut dia bercerita, majikannya saat itu heran dan bertanya melihat tingkah pembantunya yang keluar masuk kamar mandi.


Rupanya pembantu tersebut lanjut bercerita pada majikannya. Kalau dia sebelum itu meninggalkan bayinya yang baru dilahirkan. 


Mendengar hal itu, majikannya tidak tega dan menyuruhnya kembali pulang ke Indonesia. Meski baru bekerja selama beberapa bulan, majikan memutus kontrak dan memberikan sejumlah hadiah, membelikan tiket serta diberikannya uang tunai tunai hasil perjanjian kontrak selama dua tahun.


"Singkat cerita, selang beberapa hari setelah kepulangan pembantunya, majikan itupun memeriksa kangker yang di idapnya. Namun oleh dokter yang memeriksa, dia dinyatakan sembuh dan kembali sehat. Itulah keajaiban bersedekah," tutup Ustaz Taqiyudin. (Fm)

SepekanMore