Iklan

Bunda PaudDikpora DompuInspirasiPaud DikmasPendidikanPKK Dompu

Didampingi Dikpora Dompu, Bunda Paud Door To Door ke Lembaga PAUD HI

Dompu Siar
, Tuesday, October 19, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-20T01:45:54Z
Sesi Foto Bersama saat Kunjungan Bunda Paud
Ke Lembaga Paud HI Kabupaten Dompu



Dompu, Dompu Siar - Maksimalkan peranan Lembaga Paud Holistik Terintegrasi, Bunda Paud Kabupaten Dompu, Umi Lilis Suryani Kader Jaelani, mengunjungi lembaga tersebut satu per satu (Door To Door).


Lembaga Paud Holistic Integrated (Paud HI) yang dimaksud antara lain, Paud Berkah Pajo, Paud Angin Laut Hu'u, Paud Al Hikmah Dompu, serta Paud Al Hasanah Woja.


Kunjungan yang sekaligus membangun sinergi dan komunikasi lintas OPD ini, didampingi oleh Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Bidang PAUD Dikmas, dalam hal ini Kepala Bidang, Muhammad Sadik, S.Pd.


Turut Hadir bersama Bunda Paud saat kunjungan tersebut, antara lain Hj. Ida Faridah, mewakili TP. PKK Dompu, Ibu Sekda Dompu, Anike Kusumawati, S.St, M.Kes, mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu.


Bunda Paud, Umi Lilis Suryani dalam sambutan terbatasnya menyampaikan, bahwa kunjungan ini bertujuan memberi motivasi serta spirit terutama pada para pengelola lembaga.


"Agar para pengelola Paud mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak di Kabupaten Dompu serta mengembangkan Paud Holistik Integratif (HI) untuk memenuhi kebutuhan dasar anak," ungkapnya, saat mengunjungi Paud Berkah, Selasa (19/10/2021) 


Umi Lilis menjelaskan, program pengembangan PAUD holistik yang dimaksud di sini meliputi aspek fisik dan non fisik, termasuk mental, emosional dan sosial anak.


Lanjutnya, di samping holistik, secara terintegrasi yang dimaksud yakni melibatkan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan melalui Program Posyandu, BKKBN melalui Program KB, Dinas Perpustakaan untuk penyediaan buku dan bahan ajar, dan lainnya.


"Hak-hak anak harus terpenuhi melalui lembaga Paud HI, selain guru Paud, peran orang tua atau wali murid sangat penting dalam tumbuh kembang anak termasuk pemenuhan kebutuhan makanan dan gizi yang baik," jelas Umi Lilis.


Bunda Paud juga meminta agar PAUD HI yang ada di Kabupaten Dompu harus menjadi PAUD yang berkualitas dan dapat menghasilkan generasi emas yang tangguh, unggul dan mandiri.


"Untuk menuju PAUD HI yang baik dan berkualitas diperlukan guru atau tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang baik serta kemitraan dengan organisasi pendidikan lainnya seperti IGTKI, PGRI, HIMPAUDI, TP. PKK dan lain-lain harus terus ditingkatkan dalam rangka sinergitas program PAUD HI," terang Bunda Paud.


Oleh karena itu, pihaknya berharap keterlibatan Kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk memberikan dukungan dan support serta insentif, bagi para pengelola dan guru PAUD melalui anggaran desa yang ada.


Sementara itu, Kabid Paud Dikmas Dikpora Dompu, Muhammad Sidik, S.Pd, dalam keterangannya menyebutkan, kunjungannya bersama Bunda Paud itu dalam rangka menetapkan lembaga-lembaga Paud yang ditunjuk, dapat memaksimalkan perannya sebagai Paud Holistic Integrated. 


"Seperti arahan Bunda Paud, Paud-paud HI ini harus bisa menjadi contoh bagi Paud-paud di sekitarnya," kata Sadik.


Lanjutnya, peranan pemerintah dalam hal ini Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, hanya sebatas penguatan, pengawasan serta pelaporan secara administratif kelembagaan.


"Oleh karena itu, yang menentukan mutu, kualitas, kuantitas, serta maju tidaknya, adalah pengelola dan unsur yang ada di lembaga itu sendiri," tandasnya.


Suasana penyambutan
Bunda Paud oleh salah satu
Murid Paud HI


Pantauan awak media ini turut menyaksikan suasana senang, riang, penuh canda dan tawa, warnai kunjungan Bunda Paud, Lilis Suryani Kader Jaelani, beserta rombongan di beberapa PAUD Holistic Integrated (Paud HI) selama 2 (dua) hari berturut-turut. 


Usai kunjungan di Kecamatan Pajo, Hu'u, Dompu, dan Woja kunjungan masih akan dilangsungkan ke lembaga PAUD HI yang ada 4 (empat) kecamatan yang telah ditentukan. (Red)

SepekanMore