InspirasiKabar IslamiLilis SuryaniPKK DompuTPQWoja

TPQ Al-Hijrah Bali Bunga dapat Paket 300 Iqra dan Qur'an dari TP. PKK Dompu, Ternyata Tidak Hanya Itu

Tuesday, October 19, 2021, October 19, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-20T05:10:58Z
Momen Umi Lilis dan Umi Ida, berbaur bersama Santri TPQ Al-Hijrah Bali Bunga



Woja, Dompu Siar - Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Al-Hijrah Bali Bunga, mendapatkan 300 Iqra dan 300 Al Qur'an dari Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Dompu, termasuk 4 TPQ yang ada di Desa O'o dan Desa Baka Jaya, juga kebagian paket tersebut.


Iqra' dan Al Qur'an tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Dompu, Umi Lilis Suryani Kader Jaelani, di Masjid Al-Hijrah, Lingkungan Bali Bunga, Kelurahan Kandai II, Kecamatan Woja, Selasa (19/10/2021) sekira pukul 17.00 Wita.


"Untuk kali kedua, TP. PKK Kabupaten Dompu memantau langsung perkembangan dan kegiatan belajar di TPQ Al-Hijrah Bali Bunga," ungkap Pengurus TPQ Al Hijrah, Nurdiansyah, S.Pd., saat dikonfirmasi awak media, via jejaring selulernya.


Rombongan Ketua TP. PKK, lanjutnya, tiba di di tempat pelaksanaan kegiatan kurang lebih 1 (satu) jam sebelum Maghrib. 


"Selain memberikan bantuan Iqro' dan Qur'an, Ummi lilis yang ditemani Ummi Ida (Panggilan akrab istri Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST) juga memberikan Reward kepada beberapa santri yang lulus ujian hafalan surat-surat pendek," kata Pengurus TPQ yang akrab disapa Guru Enggo ini.


Lebih lanjut, setelah melantunkan sholawatan bersama santri-santri TPQ Al-Hijrah Bali Bunga, Umi Lilis dan Ummi Ida sempat memanggil masing-masing 10 Santriwan dan santriwati untuk ditest kemampuan hafalan dan bacaan Qur'an.


"Kemudian santri-santri tersebut diberikan hadiah," jelas Guru Enggo.


Bahkan, sambungnya, saking antusiasnya, Ummi lilis menyarankan kepada Pengurus TPQ Al-Hijrah Bali Bunga untuk mengadakan lomba bacaan Qur'an di TPQ tersebut dan beliau siap untuk menyediakan hadiahnya.


"Kami bersyukur sekali, memiliki pemimpin yang sangat peduli dengan TPQ bahkan mau turun langsung memantau perkembangan TPQ yang ada di Kabupaten Dompu ini," tandasnya.


Pada awak media ini, pria yang juga sebagai Ketua Forum Taman Pendidikan Qur'an (FTPQ) itu juga mengaku, bahwa sejauh ini, kehadiran TP. PKK bukan tanpa alasan. 


Melainkan, terangnya, ada kerja sama kemitraan antara TP. PKK dengan FTPQ dalam rangka menyiapkan paket berupa Iqra' dan Qur'an bahkan sarana penunjang lainnya yang nantinya tinggal diserahkan ke TPQ yang tersebar di Kabupaten Dompu.


"Bantuan ini sudah disiapkan, tinggal diserahkan ke TPQ-TPQ yang membutuhkan," tutur pria yang juga disapa Ustadz Alif ini.


TPQ Al-Hijrah Bali Bunga sendiri, tambahnya, baik Dewan Guru dan Pembinanya adalah orang-orang Hebat, Ketua Pembinanya H. Usman H. Abdul Hamid, SE dan Ust. Abdul Haris MT, merupakan anggota Dewan Hakim MTQ dan STQ Tingkat Propinsi NTB.


"Sedangkan Dewan Gurunya kebanyakan dari peserta-peserta STQ dan MTQ yang sering mewakili Kabupaten Dompu di Tingkat Provinsi. Jadi, tidak heran jika santri yang belajar membludak, terhitung sekitar 230 Santri yang menimba ilmu di TPQ ini," beber Guru Enggo.


Menurutnya, kalau sudah ada perhatian pemimpin seperti ini saya Haqqul Yaqin, Dompu akan banyak melahirkan Generasi-generasi Emas yang ahli Qur'an.


"Sebab kepedulian dan perhatian semacam ini tentu akan memicu semangat Guru-guru TPQ dalam mendidik dan mencetak generasi Qurani, dan hal seperti inilah harapan Guru-guru TPQ yg ada di Kabupaten Dompu yang selama ini tidak didapatkan," imbuhnya.


Momen ketika Umi Lilis dan Umi Ida
Memberi Motivasi dan Semangat
Pada Santri TPQ Al Hijrah
Bali Bunga



Pemimpin seperti inilah, menurutnya, yang ikut turun langsung memantau kegiatan belajar mengajar di TPQ dan mau meng-counter kebutuhan TPQ, baik berupa bantuan Iqro', Qur'an, bahkan Alat bantu KBM adalah sejatinya pemimpin.


"Ndakes model pemimpin, Kone sampuru periode ku (Kalo begini model pemimpin, tidak apa-apa, meskipun memimpin 10 periode) tutup Guru Enggo sambil berkelakar.


Informasi yang dihimpun awak media ini, menyebutkan bahwa kunjungan tersebut berakhir sesaat sebelum azan Maghrib, Ummi Lilis Beserta rombongan meninggalkan TPQ setelah bercengkrama dengan santri dan wali santri yang ikut hadir saat itu. (Red)

SepekanMore