Iklan

Desa SaneoIda FaridahInspirasiKabar IslamiLilis SuryaniPKK DompuTPQ

Tiba di TPQ As Suffah Saneo, Duo Umi PKK Dompu Disambut Gemuruh Shalawat

Dompu Siar
, Friday, October 29, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-29T15:05:55Z
Umi Lilis dan Umi Ida, canda ria dengan santri-santri di TPQ As Suffah, Desa Saneo
(Foto: Capture)



Woja, Dompu Siar - Dua Bidadari Tanpa Sayap alias Duo Umi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu hari ini, Umi Lilis dan Umi Ida kembali menapaki salah satu TPQ di pesisir utara, Kecamatan Woja, tepatnya di Desa Saneo, Kabupaten Dompu.


Dikabarkan, tidak kurang dari 200 santri menyambut kedua sosok Tim Penggerak PKK Dompu tersebut, dengan lantunan Shalawat Nabi bertempat di TPQ As Suffah pada Jum'at, 29 Oktober 2021.


Informasi yang dihimpun awak media melalui Ketua Forum Taman Pendidikan Qur'an (FTPQ), Nurdiansah, S.Pd., menyebutkan, kehadiran istri Bupati dan istri Wakil Bupati Dompu itu dalam rangka memberikan dukungan spirit dan motivasi pada para santri agar meningkatkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an.


"Rombongan Umi Lilis dan Umi Ida, di sambut gemuruh Sholawat dari para santri. Ada warga juga antusias ikut menyambutnya," ungkap pria yang biasa disapa Guru Enggo ini.


Rombongan Umi Lilis dan Umi Ida disambut antusias oleh warga bersama santri
TPQ As Suffah (Foto: Ist)


Di TPQ yang beralamatkan di Dusun Ompu Su'u atau samping SDN 27 Dompu itu, kata Guru Enggo, selain kembali ber-shalawat, Umi Lilis dan Umi Ida biasa menguji kemampuan beberapa santri untuk membacakan Surat-Surat tertentu di dalam Al-Qur'an.


Tonton & Subscribe, Cuplikan Keseruan Umi Lilis dan Umi Ida Bersama Santri, Berikut!



"Usai memimpin santri bersholawat, mereka biasanya memanggil beberapa santri untuk ditest hafalan ayat-ayat pendek," katanya.


Lanjutnya, biasanya keduanya memandu bacaan Al-Qur'an terlebih dahulu, kemudian santri diberikan kesempatan untuk mengulang kembali bacaan tersebut.


"Apabila dijumpai kesalahan, gantian keduanya, akan langsung mengkoreksi, bahkan beberapa santri yang berhasil nantinya akan diberikan reward atau bonus olehnya," beber Guru Enggo.


Lebih lanjut, ia menyampaikan, ini merupakan agenda kerja yang ke sekian kali digelar oleh Duo Bunda yang memiliki nama lengkap Umi Lilis Suryani Kader Jaelani dan Hj. Ida Faridah H. Syahrul Parsan itu.


"Saya tidak ingat sudah berapa kali, kunjungan beliau di TPQ yang ada di Kabupaten Dompu. Namun, yang pasti kami sebagai Forum TPQ, sudah diamanahkan untuk mendampingi kegiatan Ibu-ibu PKK itu," tandas Guru Enggo lagi.


Ia menambahkan, bahwa kunjungan semacam ini masih akan berlanjut di TPQ lainnya, tentunya yang membutuhkan Al-Qur'an dan Iqra'.


Penyerahan Al Qur'an dan Iqra pada Pengurus TPQ As Suffah, (Foto: Ist)


"Jadwalnya sudah diagendakan memang oleh beliau (Ummi Lilis), sendiri," jelas Guru Enggo.


Disebutkannya, kunjungan tersebut berakhir dengan penyerahan Al-Qur'an dan Iqrah secara bergantian oleh Ummi Lilis dan Ummi Ida. 


"Yang menerima, ada Ketua TPQ Ustadz Abdul Malik (Guru Melo) dan Ustadzah Dian Anggraeni Usdekawati selaku Pengurus TPQ sekaligus Founder Yayasan kemanusiaan Dian Foundation," tutup Guru Enggo. (Hd)

SepekanMore