Iklan

Desa SoriutuKorban TenggelamManggelewaPenemuan MayatPeristiwaPolsek Manggelewa

Gerak Cepat Personil Polsek Manggelewa Tangani Mayat Mengambang di Sungai

Dompu Siar
, Monday, November 22, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-22T14:34:05Z
Korban saat dilakukan Visum Luar oleh Petugas
(Foto: Ist)



Manggelewa, Dompu Siar - Giat evakuasi, pemeriksaan hingga persiapan pemakaman korban meninggal dunia atas nama Arif Munandar alias Gusdur (21) warga Dusun Soriutu, Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Senin (22/11/2021) malam waktu setempat.


Almarhum ditemukan oleh tiga orang bocah dalam keadaaan mengapung di aliran sungai Mada Landi, Desa Setempat.


Kapolsek Manggelewa, Iptu Abdul Malik, SH menyebutkan, personil dari Kanit Reskrim Polsek, anggota Koramil Manggelewa bersama Dokter Piket Puskesmas, dr. Cahyadi, melakukan pengecekan kondisi korban. 


"Personil awalnya mendatangi TKP penemuan mayat dengan identitas Arif Munandar, Kelahiran tahun 1997," kata Kapolsek.


Setelah di evakuasi, lanjutnya, korban di evakuasi ke rumah duka dan dilakukan pemeriksaan (Visum Luar) oleh dokter piket dan hasil pemeriksaan menyebutkan, bahwa di bagian sistem ekskresi korban, terdapat kotoran.


Tonton dan Subscribe Video Berikut!


"Ada ditemukan lebam mayat pada seluruh bagian tubuh almarhum, dan keterangan dokter pemeriksa menyebutkan, bahwa mayat almarhum sudah lebih dari 75 jam atau sekitar dua hari," beber Kapolsek.


Tidak hanya itu, jelas Kapolsek, di bagian tubuh korban secara keseluruhan, tidak ditemukan luka.


"Namun, akibat sudah lama di dalam air mayat almarhum sudah mulai melepuh, membengkak dan mengeluarkan bau," terangnya.


Kapolsek juga membenarkan bahwa dari Keterangan Pihak keluarga, Almarhum mengalami gangguan penglihatan pada pagi dan siang hari (rabun).


Terkait kronologis atas penemuan mayat korban, Kaposlek Manggelewa, Iptu Abdul Malik, SH menjelaskan, Korban ditemukan di sungai yang berada di Dusun Sorilinda Desa Soriutu, pada senin, (22/11/2021) sekitar pukul 16.30 wita.


Kondisi korban sebelum dievakuasi (Foto: Ist)


“Mayat ditemukan dalam posisi tengkurap sedangkan tubuhnya terlihat membengkak,” ungkap Kapolsek.


Melalui keterangan rilisnya Kapoksek menyampaikan bahwa, sosok mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Arun salah seorang pelajar kelas 4 sekolah dasar.


Menurut keterangan saksi, lanjut Kapolsek, Arun hendak pergi makan mangga dan menuju pohon mangga yang berada di pinggir sungai.


"lalu ia melihat ada sesuatu yang mengambang di dalam sungai menyerupai boneka, namun setelah ia coba mendekat dan melihatnya secara jelas ternyata yg sosok mayat manusia," ungkap Iptu Abdul Malik,


Melihat hal tersebut Arun langsung pergi memanggil warga di sekitar sungai yang sedang pupuk jagung, karena mendengar informasi tersebut warga yang sedang pupuk jagung langsung mengecek kebenarannya dan sesampai di lokasi menemukan sosok mayat tersebut.


Personil Polsek dan Koramil Manggelewa
(Foto: Ist)


Korban langsung dievakuasi oleh anggota Polsek Manggelewa dan di bantu oleh warga sekitar, selanjutnya korban di bawa ke rumah duka menggunakan mobil Ambulan PKM Soriutu.


"Pihak keluarga menerima kematian almarhum sebagai ajal dan tidak ingin melaporkan dan mempermasalahkan atas kematian almarhum, Korban kemudian akan langsung dimakamkan malam ini di TPU Desa Soriutu," pungkas Kapolsek. (Far)

SepekanMore