Iklan

Desa KaromboInspirasiPekatRemajaWisata Dompu

Sekelompok Remaja di Pekat, Menyerbu Tempat ini, Ada Apa?

Dompu Siar
, Sunday, November 14, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-14T13:40:46Z
Giat Sispala Bersihkan Pantai Karombo
(Foto: Rum)



Pekat, Dompu Siar - Sekelompok remaja yang tergabung dalam Organisasi Siswa Pencinta Alam (Sispala)dari Madrasah Aliyah Darussalam (STA-MADA) kompak turun ke Spot Wisata Pantai Karombo, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Minggu (14/11/2021) pagi waktu setempat.


Kehadiran anak muda ini, ternyata didorong oleh rasa peduli melihat kondisi pantai yang sangat memperihatinkan hingga mereka berinisiatif untuk membersihkan pantai yang dipenuhi sampah organik dan non organik.


"Kita hadir di tempat ini setelah mengetahui kondisi pantai yang penuh dengan sampah berserakan," ungkap Lisa Febrianti sekretaris Umum Sispala pada awak media ini.


Dalam penyampaian, Lisa mengaku bahwa kegiatan ini memang sudah di rancang sebelumnya, bahkan akan mereka tetapkan sebagai kegiatan rutin setiap bulan.


"Rencana ini sudah disepakati oleh semua anggota Sispala dari STA-MADA, dengan melihat tempat-tempat wisata yang memang belum tertata dan masih kotor," jelas Lisa.


Sebelumnya, Lisa juga mengungkapkan, bahwa sebelum ia terjun bersama anggotanya, beberapa dari mereka ditugaskan untuk melakukan survey sebelum berkegiatan.


Potret kegiatan pembersihan pantai oleh Sispala
(Foto: Rum)


"Kita survei dulu titik mana yang akan dibersihkan lebih awal," terang Lisa.


Wisata Pantai Karombo ini, tambah Lisa, keindahannya tak diragukan lagi, tentunya  dengan adanya Pohon Pandan di sepanjang Pantai, malah menambah sejuk dan takjub saat dipandang.


"Jika tidak ditata dan dibersihkan, maka percuma ada Sunset dan Sunrise yang indah namun di sisi lain, pantainya tampak kotor, penuh dengan sampah organik dan non organik," papar Lisa. 


Pantauan langsung awak media ini, terbukti bahwa spot Wisata Pantai Karombo memang memanjakan mata, terlebih lagi ditambah dengan penampakan Pulau Moyo yang terletak di sisi barat perairan pantai.


"Melihat kondisi yang demikian, kami merasa prihatin, lalu mengajak teman-teman untuk turun ke lokasi," tutup Lisa.


Sementara itu, Kepala Madrasah, Lalu Bukhari, S.Pd, yang turut andil saat kegiatan dalam sambutannya mengajak terutama pada peserta yang hadir agar lebih serius dalam belajar meskipun disisipi dengan kegiatan positif seperti itu.


(Kanan) Bukhari, S.Pd., Kepsek MADA |
(Kiri) Lisa Febrianti, Siswa sekaligus Sekretaris Umum STA-MADA, (Foto: Rum)


"Diharapkan pada anak-anak dan adik-adik untuk lebih serius dalam belajar, sebab kegiatan seperti ini juga ada dalam kegiatan ekstrakurikuler," kata Bukhari.


Ia juga menjelaskan, bahwa apa yang dikerjakan oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Sispala sekolahnya ini, tentu bernilai kebaikan untuk ke depannya.


"Tentu saja perjuangan kalian hari ini akan kalian petik kelak dikemudian hari," imbuhnya di hadapan peserta yang hadir. (Rum)

SepekanMore