Iklan

Desa KadindiDesa WisataGunung TamboraInspirasiWisata Dompu

Semarak Upacara Hari Pahlawan di Kaki Tambora, Pekat Hadirkan Lolita

Dompu Siar
, Wednesday, November 10, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-10T10:16:11Z

Suasana Upacara Hari Pahlawan di Tambora
(Foto: Rum)


Pekat, Dompu Siar - Upacara Hari Pahlawan Nasional, di Kaki Gunung Tambora, tepatnya di Wisata Dam Kadindi, diwarnai dengan semaraknya kegiatan Lomba Lintas Alam atau biasa disingkat Lolita.


Kegiatan ini diinisiasi oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Tambora  bersama dengan Pemuda Gerakan Insan Berakhlak (GIBAH), lebih tepatnya lagi di Desa Kadindi, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Rabu (10/11/2021) sekira pukul 08.30 Wita.


Tidak hanya Lolita, semarak upacara ini juga dihiasi dengan kegiatan lain seperti, Santunan Anak Yatim, Pentas Drama, Puisi, Nobar, Penanaman Pohon di Hutan Penyangga Mata Air Dam Kadindi.


Tema Kegiatan, "Tidak Semua Pahlawan Memiliki Bintang Di Dadanya".


Ketua Panitia yang sekaligus Ketua LKS Tambora Boy Irawan, S.Kom, dalam sambutannya menuturkan, bahwa kegiatan ini dirancang dengan harapan dapat merubah Mindset Pemuda untuk lebih mengembangkan diri ke arah hal positif dan bermakna.


"Peran Pemuda sangat penting dalam kemajuan Negara khususnya Desa," tutur pria yang akrab disapa Mas Boy ini.


Lanjutnya, Pemuda yang awalnya diklaim sebagai pembuat keonaran, namun dengan adanya kegiatan-kegiatan positif seperti ini tentu akan memberikan penilaian Masyarakat positif juga.


Sementara itu, Kepala Desa Kadindi, Doriwanto, dalam sambutannya mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan semacam ini.


"Atas nama pemerintah Desa, saya sangat bangga! semenjak adanya LKS Tambora dan pemuda-pemuda yang sangat luar biasa ini, tentu akan melahirkan Pahlawan-pahlawan yang hebat dan mampu berkontribusi bermanfaat untuk sesama," kata Doriwanto.


Hal senada disampaikan pula oleh Sekretaris Camat Pekat, Darmawansyah sekaligus membuka secara resmi kegiatan yang di gelar di kaki Gunung Tambora ini.


"Kegiatan seperti ini yang kami harapkan untuk mewujudkan kemajuan bangsa, dan sejatinya pahlawan itu adalah generasi seperti kalian semua," ungkapnya Dharmawansyah.


Menurutnya, ini merupakan salah satu kegiatan yang bersifat membangun dan tentu saja bermanfaat untuk sesama.


Potret Seputar Upacara Hari Pahlawan di Tambora
(Foto: Rum)


"Tentu saya sangat dukung atas nama pemerintah Pekat, terlebih adanya momen peringatan Hari Pahlawan," jelasnya.


Informasi yang dihimpun awak media ini mendapati bahwa dalam rangkaian kegiatannya, pemuda setempat bergerak untuk melakukan penanaman 1000 pohon di hutan Penyangga mata Air Dam Kadindi.


Selepas itu, dari keterangan salah satu peserta, bahwa dalam kegiatan ini, terangkai pula, kegiatan lain seperti, memberi Santunan Anak Yatim, di samping Lomba Lintas Wisata (LOLITA).


Lebih lanjut, dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri oleh semua Sispala, Okp dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) dari Bima dan  Dompu. 


"Pemuda hari ini bukan di anggap sebagai pembuat keonaran, tapi Pemuda Pekat hari ini hadir memberikan kontribusi, ide-ide cemerlang dan menjadi lilin di tengah masyarakat Pekat," tutupnya. (Rum)

SepekanMore