BabinsaDesa Soro BaratInfo BanjirKoramil KempoPeristiwaSerka Umar

Banjir di Desa Soro, Diwarnai Aksi Spontan Serka Umar Evakuasi Wanita Lansia

Friday, December 3, 2021, December 03, 2021 WAT
Last Updated 2021-12-03T12:26:38Z
Simak dan Subscribe Video Berikut!



Kempo, Dompu Siar - Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Kempo dan sekitarnya mengakibatkan  ratusan rumah warga terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, Jum'at (3/12/2021) siang hingga sore waktu setempat.


Tidak hanya pekarangan rumah, ruas jalan juga tampak terendam lumpur pegunungan yang mengakibatkan akses jalan sempat lumpuh.


Namun di saat banjir melanda, ada hal menarik nan menyentuh hati, di mana ketika salah satu anggota TNI dari Koramil 1614-02/Kempo, diketahui bernama Serka Umar, yang dengan spontan menggendong seorang wanita lansia untuk dipindahkan ke rumah yang dianggap aman. 


Aksi Pria yang juga bertugas sebagai Bhabinsa Desa Soro itu praktis mengundang decak kagum warga yang tengah meratapi banjir yang melanda pemukimannya.


Diakuinya, bahwa tindakan spontanitas Anggota berseragam Loreng itu, lantaran tak tega melihat lansia yang terdampak banjir. 


"Lansia tersebut tidak bisa berjalan, Sementara kediamannya telah terdampak banjir sehingga jiwa saya terpanggil untuk menggendong nenek itu" Kata Serka Umar


Serka Umar juga menjelaskan, bahwa ketinggian banjir yang melanda wilayah Kempo khususnya di Desa Soro Barat mencapai lutut orang dewasa.


"Sehingga menggenangi sejumlah pemukiman warga," ungkapnya.


Tidak hanya itu, lanjut Umar, Akses jalan raya pun beberapa saat sempat lumpuh akibat tergenang air dan lumpur, bahkan puluhan hektar sawah milik warga juga terendam air.


"Hujan mulai reda sekitar pukul 17.00 Wita dan saat ini air juga mulai surut serta akses jalan perlahan mulai normal," ujarnya.


Umar menambahkan, setelah air mulai turun, beberapa warga yang rupanya terendam air langsung mengambil alat pembersih.


"Kemudian membersihkan rumah masing-masing. Mudah-mudahan hujan tak lagi turun hingga banjir kembali meluap dan merendam pemukiman warga," pungkas Umar. (Rif/Deden)

SepekanMore