Iklan

Kabar Sumbawa BaratKebakaranPeristiwaRumah Panggung

Nahas, Satu Unit Rumah Panggung Ludes Dilahap Api, Penghuni Sempat Tertidur

Dompu Siar
, Sunday, February 27, 2022 WAT
Last Updated 2022-02-28T05:42:32Z
Kondisi Rumah Pasca Kebakaran (Foto: Ist)



Kabar Sumbawa, Dompu Siar - Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah mengalami peristiwa kebakaran yang berlokasi di Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.


Salah seorang penghuni rumah beserta anak-anaknya nyaris jadi korban.


Ditemui di lokasi kejadian, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin S. Ik., M. IP melalui Kasi humas IPDA Eddy Soebandi S. Sos menceritakan bahwa, kejadian itu terjadi pada hari Minggu, 27 Febuari 2022 pukul 15.45 wita.


"bertempat di Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang KSB. Identitas pemilik rumah yaitu, Muhammad Alam, pekerjaan pedagang, alamat RT 03 RW 01 Lingkungan Telaga Baru A Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang," ujar Kapolres.

 

Ia juga menjelaskan, kronologis kejadian, pada sekitar pukul 15.45 wita, saat pemilik rumah sedang berjualan di lokasi pasar lama Kelurahan Arab Kenangan Taliwang dan meninggalkan 2 orang anak di rumah bersama dengan saudara perempuan yang bersangkutan bernama Saura.


"Saura diketahui yang sedang tertidur bersama 2 orang anak Sultan Bahri dan Aurel Isma Putri," jelasnya.


Sambungnya, Saura yang terbangun dan melihat adanya percikan api di stop kontak listrik langsung membawa kedua anak keluar dari rumah. 


"Saat terjadinya kebakaran lokasi sekitar rumah dalam keadaan sepi, sehingga api dengan cepat merambat ke seluruh rumah dan tidak bisa dipadamkan," terangnya.


Barulah sekitar pukul 16.10 wita Kapolsek Taliwang AKP Mulyadi, S.Sos bersama anggota, Pawas Polres IPDA Puhuh Santoso bersama anggota piket fugsi Sumbawa Barat dan 4 unit Damkar tiba di lokasi dan langsung berusaha melakukan pemadaman terhadap api dan melakukan evakuasi.


"Sekitar pukul 17.10 wita, api berhasil dipadamkan, atas kejadian tersebut tidak adanya korban jiwa dan pemilik rumah mengalami kerugian materi sekitar 30.000.000," kata Eddy.


Sampai saat ini, lanjut Eddy menjelaskan, penyebab kebakaran diperkirakan karena korsleting di stop kontak listrik, sehingga menimbulkan percikan api dan menjalar ke seluruh rumah panggung yang terbuat dari kayu. (Tim)

SepekanMore