Iklan

Kabar BimaKabar Bima TerbaruKabar Dompu Terkini

Tidak Ta'at PP 53, Sebuah Mobil Dinas KPU Kota Bima Digunakan Untuk Kepentingan Pribadi, Dan Menjadi Sorotan Berbagai Pihat Dan Advokat

Dompu Siar
, Friday, April 29, 2022 WAT
Last Updated 2022-04-29T20:37:36Z

Mobil Plat Merah Saat Parkir Di Pasar Lebaran (Foto:is)


DOMPU SIAR.NET

Kota Bima, Dompu Siar.Net- Tidak seperti biasanya, mendekati hari Raya Idul Fitri, kini dikejutkan dengan sebuah Mobil plat merah yang parkir di tempat pusat perbelanjaan, kejadian ini terjadi di dalam Pasar Lebaran, Kelurahan Dara Kecamatan Rasana'e Barat Kota Bima, pada hari Jum'at (29/4/2022), malam hari.


Di lansir dari Media Aspirasi dan berdasarkan Pantauan langsung Awak Media Aspirasi Di lokasi, bahwa dari pukul 19:08 Wita,  Penggunaan kendaraan plat merah untuk keperluan pribadi. Diduga Kuat Saat menggunakan Mobil tersebut, bersama anak-anaknya, dan ibu-ibu. 


Kendaraan dinas setahu saya, digunakan untuk keperluan dinas atau keperluan operasional yang menyangkut kepada pekerjaan kantoran, bukan untuk keperluan pribadi.


Akan Tetapi kalau ada aturan yang memperbolehkan untuk keperluan pribadi saya kurang begitu tahu. Terlepas dari adanya aturan boleh dan tidaknya kendaraan dinas dipakai untuk keperluan pribadi, saya kurang setuju apabila kendaraan dinas dipakai untuk keperluan pribadi Apalagi Berada di kawasan pasar saat malam. 


Ironisnya, saat diwawancarai Oleh Awak Media, kepada pihak pengguna mobil pelat merah bernomor polisi EA 1067 YY, Memberikan Tanggapan (No komen), Kemudian Ditanyakan Dari Dinas Mana, Simpel Jawabannya, (dari KPU Kabupaten Bima). 


Anggota KPU Oknum tersebut enggan berkomentar banyak dan menyebutkan namanya.


Oknum memakai mobil dinas tersebut, Enggan memberikan Komentar Banyak pada awak Media. Terkait tujuannya ada Tugas apa, Dan berdinas di mana, Bahwa tetap (No komen) diduga Aneh Oknum pengemudi mobil dinas dengan tipe Z merk APV.


Mengapa? Kendaraan dinas itu berasal dari APBN/APBD, berikut pemeliharaannya. APBN/APBD adalah uang rakyat yang harus digunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat, bukan untuk keperluan pribadi.


Apalagi Dibawah piknik bersama keluarga. Walaupun, misalnya bensinnya dari kantong pribadi, kalau ada kerusakan diganti dari uang pribadi, tetap saja telah menyalahgunakan amanah rakyat.


Ketua Dewan Pimpinan Cabang Bima (DPC) Serikat Pers Reformasi Nasional (Sepernas) Kabupaten Bima, Syamsudin Al-Haq, SH menyoroti dugaan penggunaan fasilitas negara oleh salah satu peserta seleksi berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya Hal ini mencederai institusi pemerintahan.

 

Sebab, di saat sejumlah kandidat bersaing menunjukkan integritas, justru ada oknum ASN yang memanfaatkan fasilitas kedinasan yang masih melekat untuk digunakan dalam kegiatan pribadi.


“Saya kira tidak Bagus jika ASN menggunakan fasilitas negara, bukan untuk kepentingan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara. Terlebih melakukan refleksi di Pasar Lebaran Amahami ini kan untuk kepentingan pribadi yang tidak berkaitan langsung dengan urusan pemerintah,” tutur Syamsudin Al-Haq, SH. 


Abbas S. SH Dari (Peradi) Lowyer Jakarta Yang Baru Berhijrah Ke tanah Kelahirannya, meminta pemangku kebijakan bersikap adil dan tegas terhadap para oknum ASN tersebut, hal ini bisa menimbulkan persepsi buruk di tengah masyarakat.


“Kami berharap ada teguran nyata dari Bupati Bima dan Sekda, karena perilaku oknum PNS itu tidak layak untuk ditiru. Harapannya kami agar kejadian serupa, tidak terulang dikemudian hari,” tandasnya.

 

Dugaan pemanfaatan kendaraan dinas tersebut, bukanlah kabar burung semata. Beberapa saksi menyebutkan bahwa mobil dinas dengan pelat merah tersebut, berjenis APV warna silver. Kendaraan tersebut ditemukan terparkir di halaman Tempat, Wisata Pantai Lawata Kota Bima.


"Kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Harus bersikap Adil seperti diatur pada PP No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada oknum Menyalahgunakan Wewenang menggunakan mobil Dinas Dengan Keperluan pribadi dan kelompok, kemudian Mobil ini Berada dalam Areal Tempat pasar lebaran," Tegas Abbas S. SH. (Red/MA/06).


Kami akan melakukan klarifikasi terkait dengan penggunaan mobil dinas, sembari menunggu tanggapan pihak ketua KPU Kabupaten Bima, (Red).

SepekanMore