Berita Dompu TerbaruJemaah HajiJemaah Haji Dompu 2022Kabar DompuKabar IslamiKader JaelaniPemda Dompu

Bismillah, 126 Rombongan Calon Jema'ah Haji Kabupaten Dompu Resmi Diberangkatkan

Monday, June 20, 2022, June 20, 2022 WAT
Last Updated 2022-06-21T07:08:25Z
Suasana Keberangkatan Jema'ah Haji Kabupaten Dompu, di Halaman Pandopo Bupati Dompu
(Foto: Ma/Doc)


Pemda Dompu - Sebanyak 126 orang rombongan calon jamaah haji dilepas secara resmi oleh Bupati Dompu berlangsung di aula Pandopo Bupati pada Selasa (21/06/22) sekitar pukul 14.30 wita.


Rencananya, jumlah jamaah haji Kabupaten Dompu yakni sebanyak 127 orang, namun satu CJH terpaksa menunda keberangkatan nya ketanah suci Mekkah sehingga CJH yang diberangkatkan hanya 126 saja.


Rombongan jamaah haji yang dilepas oleh Bupati Dompu ini dengan menggunakan jalan darat menuju Asrama Haji Kota Mataram NTB yang selanjutnya akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Tanah Suci Mekkah Al-Mukaramah.


Hadir dalam acara pelepasan tersebut Bupati Dompu, Kader Jaelani, Anggota Forkopimda, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Pimpinan OPD, Kepala Kemenag, Kabag Kesra Setda, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Jamaah Haji, Keluarga Jamaah Haji, dan elemen penting lainnya.


Sebelum diberangkatkan, Bupati Dompu menyempatkan diri untuk memberikan arahan serta pesan kepada para jamaah haji agar menjaga kesehatan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.


“Untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji saat keberangkatan menuju tanah suci dan saat pelaksanaan ibadah haji berlangsung, hendaknya para jamaah dapat menjaga kesehatan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan," ujar orang nomor Satu Dompu ini.


Sambung Bupati Dompu, dengan menjaga kesehatan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan itu, agar pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, aman dan tertib baik saat berangkat hingga kembali pulang ke tanah air," ujarnya EA1 yang akrab disapa AKJ ini.


Bupati saat bersalaman dengan salah satu rombongan Jema'ah Haji (Foto: Ist)


Menurut Bupati AKJ, pelaksanaan ibadah haji merupakan penyempurnaan dari rukun islam ke-5 dan menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan dan juga untuk menunaikan rukun islam ke-5, dalam pelaksanaan dibutuhkan kesabaran dan juga kesehatan yang prima. 


Oleh karena itu para jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji harus banyak bersabar dan juga menjaga kesehatannya agar tetap prima sehingga apa yang dihajatkan bisa tercapai sebagaimana harapan.


Berikutnya Bupati dalam kesempatan ini juga menyampaikan kepada para jamaah haji dan juga kepada pihak keluarga yang ikut mendampingi para jamaah haji, pelaksanaan ibadah haji tahun ini patut disyukuri karena sebelumnya sebagai dampak dari pandemi covid-19 ibadah mengalami penundaan.


“Ibadah haji tahun ini patut untuk disyukuri bersama, setelah mengalami penundaan berkali-kali akhirnya tahun ini para jamaah haji Indonesia dan juga dari Kabupaten Dompu bisa diberangkatkan,"tandas Bupati.


"saya berharap kepada para jamaah haji yang kita berangkatkan hari ini agar bisa sukses melaksanakan ibadah hajinya kemudian bisa kembali pulang ke tanah air dalam keadaan sehat wal afiat dan juga dapat meraih predikat haji yang mabrur.


Sambungnya, kita semua tentu berharap agar keluarga dan para handai taulan yang saat ini kita lepas untuk menunaikan ibadah haji bisa kembali pulang ke tanah air dalam keadaan sehat wal afiat dan dapat meraih predikat haji yang mabrur," jelas Bupati Dompu.


Kendaraan Pemberangkatan Rombongan Jema'ah Haji Kabupaten Dompu (Foto: Ist)


Diakhir penyampaiannya Bupati Dompu juga mengajak semua yang hadir untuk mendoakan para jamaah haji sehingga pelaksanaan ibadah hajinya bisa berjalan lancar tanpa hambatan.


“Kepada segenap hadirin, mari kita do’akan jamaah haji Kabupaten Dompu pada khususnya, jamaah haji Indonesia dan juga jamaah haji di seluruh dunia dalam pelaksanaan ibadah hajinya bisa lancar tanpa ada hambatan sehingga seluruh rangkaian ibadah haji bisa terlaksana dengan baik," ajaknya. (amin/Syam/Ma)

SepekanMore