Iklan

Desa SoroKebakaranKempoPasar SoroPemda Dompu

Alhamdulillah .... Kempo dapat 'Kado Tahun Baru' dari Pemkab Dompu

Dompu Siar
, Monday, December 26, 2022 WAT
Last Updated 2022-12-26T16:21:17Z
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani pose bareng Emak-Emak saat meninjau kebakaran Pasar Soro (14/10/2021) lalu (Foto: Doc/Ist)


Kempo, Dompu Siar - Meski tanpa kehadiran Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, namun 'Kado Tahun Baru' untuk masyarakat khususnya di Kecamatan Kempo telah resmi diserahkan oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, Senin (26/12/2022) sore waktu setempat.


"Alhamdulillah pada hari ini, pasar soro telah rampung dibangun dan akan kembali diserahkan sebagai pusat perdagangan dan jual beli masyarakat," kata Wabup saat menyampaikan sambutan di acara peresmian sekaligus serah terima yang berlangsung sekira pukul 16.00 Wita.


Sejak dilanda musibah kebakaran hingga rata dengan tanah pada Jum'at dini hari (8/10/2021) lalu, Pasar yang terletak di Desa Soro, Kecamatan Kempo itu, kini berhasil dibangun kembali oleh Pemerintah Daerah dengan menghabiskan anggaran 1.7 Miliar. 


Dengan demikian, dalam sambutannya Wakil Bupati juga meminta pada para pedagang sedianya harus bisa menata ulang barang dagangan secara teratur sehingga layak dikunjungi oleh para pembeli.


Peresmian Pasar Soro setelah rampung dibangun kembali pasca musibah kebakaran 2021 lalu
(Foto: Ist)

"Sebelum transaksi jual beli, lakukan penataan barang yang rapi serta atur dengan baik lorong pasar jangan dijajakan dagangan agar lalu lalang para pembeli menjadi lancar dan tidak semrawut," pinta alumnus Universitas Islam Al Azhar itu.


Terkait peresmian sekaligus serah terima pasar 'baru' yang hadir dengan penampilan warna kombinasi biru muda itu, salah satu tokoh pemuda Desa Soro, Bustanul Arifin, mengaku turut puas dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah Dompu.


"Mewakili pemuda di Desa Soro, umumnya masyarakat Kecamatan Kempo, tentunya menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Daerah atas Kado Tahun Baru yang diberikan ini," ungkap Arif.


Sebab, menurutnya ini momen yang tepat bagi masyarakat Soro, menjelang Tahun Baru 2023, biasanya ramai dikunjungi pendatang yang hendak liburan akhir tahun.


"Para pendatang biasanya mampir membeli ikan dan berbagai kebutuhan sebelum ke tempat tujuan, misalnya ke tempat-tempat rekreasi bersama keluarga," jelasnya.


Kini Pusat Perbelanjaan Masyarakat (Pasar) Tradisional Soro, telah diresmikan secara seremonial dengan kapasitas tampung sekitar 21 pedagang dengan jumlah 14 los pasar.


Potret Pasar Soro, pasca kebakaran (Kanan), Setelah Direnovasi (Kiri)

Acara peresmian tersebut, ditandai dengan pemotongan pita bersama Ketua DPRD Dompu, Andi Bahtiar, A.Md.Par, didampingi Sekretaris Daerah, Gatot P. Putra, M.Kes, beserta beberapa pimpinan OPD terkait.


Tampak pula, Ketua PKK Kabupaten Dompu, Lilis Suryani didampingi Ketua GOW, Hj. Siti Faridah yang pada saat menjelang acara menjadi magnet tersendiri bagi Emak-Emak yang turut hadir meramaikan sekaligus ikut menabur kegembiraan. (Rif)

SepekanMore