Iklan

Dipa 2023KPPN Kota BimaPolres Dompu

Wakapolres Dompu Hadiri Acara Serah Terima Dipa Tahun 2023 di KPPN Kota Bima

Dompu Siar
, Thursday, December 08, 2022 WAT
Last Updated 2022-12-09T01:56:48Z
Wakapolres Dompu Hadiri Acara Serah Terima Dipa Tahun 2023 di KPPN Kota Bima (foto: ist)


Polres Dompu, NTB - Bertempat di KPPN Kota Bima telah Polres Dompu melalui Wakapolres, mengikuti kegiatan Penyerahan DIPA Tahun anggaran 2023 dan penandatanganan pakta integritas satuan kerja di lingkup KPPN Bima, Kamis (8/12/2022) pukul 08.30 Wita.


Hadir dalam kegiatan antara lain, Kepala KPPN Bima Ahmad Yusuf, Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauludin, S.Sos, BNN Kab. Bima Fery Priyanto, S.Sos., H.M, Kepala Kementerian Agama Kab. Dompu H. Syamsuri H. Ilyas.


Hadir pula, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kab. Dompu H. A. Halik, Perwakilan PN Dompu Syaiful, SH, Perwakilan kantor pertanahan Kab. Dompu I Komang Suarsa, Perwakilan tiap-tiap instansi Kab. Dompu, Kab. Bima dan Kota Bima sekitar 40 orang.


Usai penyerahan DIPA dibuka, lalu Pembacaan doa dipimpin oleh Jaharudin, serta menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan Sambutan kepala KPPN Bima. 


"Rangkaian kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penyerahan Daftar isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2023 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo kepada para menteri pada tanggal 1 Desember 2022," ungkap Kepala KPPN.


Lanjutannya APBN yang kita kelola mulai tahun 2020-2022 tantangannya luar biasa, termasuk tantangan virus Covid-19 yang membuat perekonomian dunia terpuruk.


"Yang menopang satu-satunya keuangan negara adalah badan pemerintah karena ekpor dan import banyak kendala, oleh karena itu kita diminta untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran," lanjutnya.


Lebih lanjut, kata Ahmad, Besarnya anggaran belanja Negara APBN 2023 sebesar Rp. 3.97 Triliun, sinergi dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah untuk mencapai sasaran pembangunan serta menghindari tumpang tindih dan duplikasi program.


"Ada beberapa langkah strategis awal tahun anggaran 2023 yaitu, antara lain melakukan perbaikan perencanaan, melakukan percepatan pelaksanaan program," jelasnya.


Di samping itu, sambung Ahmad, Meningkatkan kualitas belanja (value for money), Meningkatkan monitoring dan evaluasi internal, serta Meningkatkan kualitas belanja modal.


Untuk diketahui, Polres Dompu mendapatkan juara 1 rekonsiliasi laporan keuangan dan laporan pertanggungjawaban bendahara tahun 2022 kategori UP di atas 59 juta, dan Juara 2 kategori Pagu besar di atas 10 Miliar. (Tim)

SepekanMore