Iklan

Gelar Razia Malam, Polisi Gulung 22 Remaja, 1 Perempuan, 2 orang Positif Narkoba

Dompu Siar
, Monday, January 09, 2023 WAT
Last Updated 2023-01-10T05:23:43Z
Kapolres Iwan Hidayat, saat memberikan pembinaan pada 22 remaja terjaring razia di Makopolres Dompu, (Foto: Ist)


Dijelaskannya, laporan kenakalan serta aksi kejahatan yang melibatkan remaja, tak sedikit anak di bawah umur, akhir-akhir ini cukup banyak, namun tanpa sokongan semua pihak, Kepolisian tak bisa mengambil sikap di luar aturan.


"Kepolisian hanya bisa menindak dengan cara persuasif, pendekatan humanis, melakukan pembinaan, menahan seperlunya untuk mendapatkan efek jera, hanya itu, karena kebanyakan dari mereka masih di bawah umur," ujar Kapolres.


Segala bentuk kejahatan, lanjut Kapolres, yang melibatkan anak-remaja seperti aksi panah liar, konsumsi narkoba, tawuran, konsumsi minuman keras, jika tak ditangani serius, akan berdampak pada kejahatan yang lebih luas dan membias lebih besar.


"Salah satu penyebabnya, adanya pembiaran, kurangnya kehadiran dan perhatian para orang tua terhadap anak-anak mereka," jelas Kapolres prihatin.


Bahkan ketika mendapati anak-remaja yang kondisi keluarganya yang tidak utuh, masih ada kerabat, tetangga bahkan tokoh agama, tokoh masyarakat yang harus ambil tindakan.


"Mengenai latar belakang keluarga, broken home misalnya, bukankah masih ada kerabat dekatnya, para tetua, pemerintah setempat, seharusnya dapat hadir mengurus anak-anak ini," papar Kapolres menyampaikan saran.


Sebagai penutup, Kapolres juga mengusulkan, agar pemerintah setempat dapat mengeluarkan aturan terkait adanya Pembatasan Jam Malam, untuk mencegah aktivitas anak-anak muda di luar kontrol.


Razia yang berlangsung di sepanjang Titik Rawan, mulai dari Pusat Kota Dompu hingga di Wilayah Hukum Polsek Woja ini berakhir pukul 23.00 Wita.


Terhadap 22 remaja yang terjaring rajia di Depan Kantor Camat Woja itu, kini masih dalam penanganan Satreskrim Unit PPA bekerja sama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) untuk menjalani pembinaan dan pemeriksaan lebih lanjut. (Tim)


Halaman:
        >>       

Editor: Redaksi Dompu Siar

SepekanMore