Iklan

Bencana AlamBerita Dompu TerbaruPeristiwaWoja

Ternyata ini Fenomena yang Pengaruhi Cuaca Ekstrem hingga Ratusan Rumah di Dompu Rusak

Dompu Siar
, Tuesday, January 03, 2023 WAT
Last Updated 2023-01-03T15:11:49Z

 "Kepada masyarakat, kami imbau untuk tidak panik tetapi tetap waspada, dan terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Pangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang," terang Guswanto dalam press releasenya di Jakarta.


Juga dikemukakan, bahwa kondisi semacam ini dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di wilayah tengah dan timur.


Berikut Informasi Prakiraan Cuaca Tiga Harian, Wilayah Bima Dan Dompu Tanggal 03 - 05 Januari 2023 termasuk Kondisi Cuaca 24 Jam Terakhir.


Berdasarkan pantauan Citra Radar dan Satelit cuaca, kondisi cuaca wilayah Bima dan Dompu di pagi hingga siang hari adalah berawan-hujan ringan. Pada siang hingga sore hari adalah berawan hingga hujan ringan. Pada malam hingga dini hari adalah berawan.


Berdasarkan data pengamatan sinoptik suhu udara di wilayah Bima dan Dompu berkisar 26 - 31°C. Kelembapan udara berkisar 74% - 91%. Angin dominan dari arah Barat -Timur Laut, kecepatan rata - rata berkisar 05 - 20 km/jam dan kecepatan maksimum mencapai 30 km/jam.


Angin umumnya bertiup dari arah - dengan kecepatan berkisar antara 10 - 30 Km/Jam.


Tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bima berkisar antara 2.5 - 4 meter, di Perairan Selatan Bima berkisar antara 2.5 - 4 meter, di Pelabuhan Bima berkisar antara 1.25 - 2.5 meter dan di Samudera Hindia Selatan NTB berkisar antara 4 - 6 meter


Kondisi Dinamika Atmosfer


Indeks ENSO di NINO3.4 : -0.61 (normal ±0.5) -> signifikan terhadap peningkatan hujan di wil. Indonesia.


Anomali suhu muka laut di wilayah Perairan Bima dan Dompu menunjukkan anomali positif (lebih hangat).


Kelembaban udara hingga lapisan 500 mb cukup tinggi yaitu 70-90%, hal ini dapat mendukung pertumbuhan awan hujan diwilayah Bima dan Dompu.


Prediksi 3 Hari Kedepan


Berdasarkan analisis pemodelan cuaca, secara umum prospek cuaca wilayah Bima dan Dompu 3 hari kedepan adalah sebagai berikut: pada pagi hingga siang hari diprakirakan berawan-hujan ringan, siang hingga sore diprakirakan hujan ringan-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Pada malam hingga dini hari di prakirakan berawan hingga hujan ringan. Angin bergerak dari arah Barat-Timur Laut dengan kecepatan rata - rata berkisar antara 10 - 30 km/jam.


Tinggi gelombang laut di perairan sekitar wilayah Bima dan Dompu adalah sebagai berikut: Perairan Utara Bima berkisar 2.5 -4.0 m; Pelabuhan Bima berkisar 1.25 - 2.5 m; Perairan Selatan Bima berkisar 2.5 - 4.0 m; Samudera Hindia Selatan NTB berkisar 4.0 - 6.0 m. (Ma)

Halaman: 

   <<<   (1)    (2)    (3)          [ Show All ]

SepekanMore