Iklan

Banjir DompuBerita Dompu TerbaruInfo BanjirPeristiwa

Dompu Kembali Dikepung Banjir, Ratusan Rumah Diterjang, Mobil dan Traktor Hanyut

Dompu Siar
, Tuesday, April 04, 2023 WAT
Last Updated 2023-04-04T12:39:19Z
Banjir Genangi Rumah Warga (Foto: Ist)


Polres Dompu, NTB - BENCANA BANJIR kembali menerjang sejumlah wilayah di 3 (tiga) wilayah Kecamatan, Dompu, Woja dan Manggelewa diakibatkan hujan yang turun dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah sejak siang hingga waktu petang, Selasa (4/3/2023) waktu setempat.


Akibatnya, ratusan rumah yang terletak di bantaran sungai tepatnya di sungai Laju dan Sungai Rababaka, terdampak kepungan banjir setinggi hingga dada orang dewasa, memaksa Jajaran Polres hingga Personil Polsek terjun ke lokasi untuk melakukan tindakan kontigensi bencana.


Bahkan di Manggelewa tepatnya di Desa Nanga Tumpu, dilaporkan 1 (satu) unit mobil pickup, 1 (unit) traktor, 3 kendaraan roda dua yang belum teridentifikasi hingga kini masih dalam pencarian aparat bersama warga setempat.




Berikut beberapa fakta yang berhasil dirangkum dari laporan para personil yang ditugaskan di lokasi dilanda ganasnya banjir pada sekitar pukul 15.00 Wita kali ini.


1. Dua Sungai Induk Kota Meluap


Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Dompu pada Selasa (4/3) sekitar pukul 14.00 hingga pukul 18.00 wita mengakibatkan aliran sungai Laju dan sungai Rababaka meluap bahkan menerjang dan menggenang ratusan rumah warga di wilayah Kecamatan Dompu dan Woja Kabupaten Dompu.


2. Tiga Kelurahan & Tiga Desa Direndam Banjir


Di Kelurahan Simpasai, tepatnya di Lingkungan Bali Dua, terdampak sekitar 22 unit rumah dan di lingkungan Manggemaci, terdampak sekitar 35 unit rumah warga terdampak banjir.


Rumah Diterjang Banjir (Ist)


Sementara di Kelurahan Kandai Dua, di Lingkungan Ginte, terdampak sekitar 14 unit rumah dan di Lingkungan Polo, 17 rumah, Kandai Timur, 84 Rumah, dan Kandai Barat 67 rumah warga terdampak banjir. Ditambah lagi di Kelurahan Monta Baru, mulai dari Lingkungan II sampai lingkungan VI jumlah rumah Terdampak sekitar 75 rumah terdampak.


Sedangkan di Desa Wawonduru, 161 rumah terendam banjir, tersebar di hampir seluruh Dusun di desa setempat. Demikian pula Desa Matua, jumlah rumah ada 39 yang terdampak tepatnya di Dusun Rasanggaro Timur dan Barat. Bergandengan dengan Desa Bakajaya tepatnya di Dusun Ama Maka, sejumlah 12 rumah dilanda banjir.


3. Banjir Hanyutkan Kendaraan


Namun, dampak paling terasa juga yakni banjir luapan sungai Nanga Tumpu di mengakibatkan kendaraan milik petani bawang antara lain 1 Unit Roda 4 Pick Up milik Ilham (40) asal Desa Ngali, Kabupaten Bima, berhasil dievakuasi oleh BKTM bersama Warga.


Tak hanya itu, dilaporkan pula 3 unit Kendaraan Roda Dua, dan 1 (satu) unit traktor hingga kini belum teridentifikasi.


Mobil Hanyut (Ist)


Di tempat terpisah, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengemukakan terkait terjadinya Banjir disebabkan intensitas hujan yang tinggi deras dengan durasi yang relatif lama, sehingga luapan sungai yang membawa tumpukan material sampah, kondisi sungai dangkal memungkinkan air menerjang rumah warga.


Untuk itu, Kapolres meminta terutama pada warga yang tinggal di bantaran sungai, agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap timbulnya banjir susulan.


Ia menegaskan bahwa sesaat banjir menerjang, Jajaran Kepolisian mulai personil Polres hingga Polsek telah diperintahkan untuk turun langsung membantu mengevakuasi warga serta barang-barang rumahan yang ada.


Sejauh ini tidak ada korban jiwa ataupun rumah warga yang rusak untuk dilaporkan, namun untuk kerugian material tak terhitung hingga saat ini. Sementara Situasi sampai dengan pukul 19.30 wita air sungai masih menggenangi sebagian rumah warga. (Tim)

SepekanMore