Iklan

UIN Mataram Teken Komitmen Penguatan Kapabilitas SPI

, Thursday, October 19, 2023 WAT
Last Updated 2023-10-19T12:17:23Z


Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir menandatangani komitmen penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI) bersama Ketua SPI UIN Mataram, Dr. Gazali, SH. MH. PIA. CRPM. beserta seluruh jajaran Tim SPI UIN Mataram. Penandatangan komitmen ini merupakan rangkaian pendampingan penguatan kapabilitas SPI oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.


“Ini merupakan bentuk komitmen UIN Mataram untuk memperbaiki SPI secara struktur maupun langkah lainnya menuju arah perbaikan” terang Prof Masnun saat sambutannya di Gedung Rektorat Kampus 2 UIN Mataram, Kamis (19/10/2023).


“Karena kami dipercaya sebagai pilot project yang pertama, dengan segala perangkat yang ada, dokumen dan sumber daya maka saya wasiatkan agar penguatan SPI ini dapat menjadi percontohan untuk semua kampus PTKN nantinya” tegasnya. 


Sementara itu, Ketua Tim Penguatan Kapabilitas SPI Darwanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Rektor dan seluruh jajaran pimpinan UIN Mataram yang mendukung proses penguatan kapabilitas SPI dari pemetaan hingga implementasi.

“Alhamdulillah kita berkomitmen semua, Pak Rektor, SPI dan semua unsurnya. SPI kuat untuk SPI sendiri. Penguatan kapabilitas SPI ini untuk kebaikan UIN Mataram.” jelas Darwanto.


Ia menambahkan bahwa penguatan kapabilitas SPI ini merupakan langkah untuk memperkuat positioning SPI. “Untuk itu, harus dipahami jika nantinya ada pergeseran tugas maupun aktivitas yang sedikit banyak berbeda” terangnya.


Ketika ingin memperkuat positioning SPI, ada pergeseran tugas. SPI akan melakukan aktivitas yg banyak berbeda.

Sebelumnya Tim Itjen Kemenag telah melakukan pendampingan materi terkait dengan penguatan komitmen disampaikan oleh Auditor Itjen, Muhammad Fajar Ilham. Materi tersebut berkaitan dengan tiga aspek, yaitu kelembagaan, SDM, serta pengawasan.

"Menjadi keniscayaan dalam proses program peningkatan kapabilitas SPI yang diinisiasi oleh Itjen Kemenag. Diperlukan penguatan kompetensi dan SDM yang mumpuni khususnya dalam program wawasan pengawasan" pungkasnya.


UIN Mataram adalah salah satu PTKN, dari tujuh PTKN yang menjadi pilot project penguatan kapabilitas SPI yang dilakukan oleh Itjen Kemenag.

SepekanMore