Iklan

BabinkamtibmasInspirasiWoja

Aksi Brigadir Rijaidin Bersama Warga Desa Riwo Bersihkan Lumpur, Khawatir Pengguna Jalan Tergelincir

Dompu Siar
, Wednesday, January 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-27T09:38:23Z

Gotong royong bersihkan lumpur jalan, (27/1).
Foto: Ist


Woja, Dompu Siar - Untuk memastikan pengguna jalan yang melewati jalan penghubung Desa Riwo dan Desa Mumbu, agar tidak tergelincir karena kondisi jalan yang becek dan licin, Bhabinkamtibmas Desa Riwo mengajak warga Dusun Oi Wau untuk mengadakan kegiatan pembersihan di jalan tersebut, pada hari Rabu, tanggal 27 Januari 2021, yang dimulai sekitar pukul 08.30 sampai dengan pukul 09.45 Wita.

Pasalnya, jalan setapak yang menghubungkan Kedua Desa tampak becek dan licin akibat hujan deras yang membawa lumpur dari atas gunung melanda kedua desa beberapa hari lalu. 

Sebagaimana dilansir dari Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah saat mengkonfirmasi kegiatan tersebut.

Bhabinkamtibmas Desa Riwo, Brigadir Rijaidin menuturkan bahwa "lumpur dari atas gunung,  kini menutupi badan jalan, sehingga praktis membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman becek dan licin itu dikhawatirkan  timbulnya kecelakaan terhadap pengguna jalan . Warga terpaksa melewati jalur tersebut karena itu jalan satu-satunya," ungkap Rijaidin.

Lanjut Rijaidin, mengingat kondisi jalan cukup memprihatinkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat, agar bersurat ke Kepala Dinas PUPR untuk melakukan pengerukan dan penggalian terhadap lumpur yang begitu banyak hinggap di bahu jalan. Di samping itu, ia juga mengajak masyarakat agar mau menanam pohon di sekitar lokasi.

"Kami juga sudah memberikan himbauan kepada masyarakat dan petani agar mereka menanam pohon sebagai penahan air dan mencegah terjadinya longsor di sekitar linsor," tutur Rijaidin.

Pada kesempatan yang baik itu, Rijaidin tidak lupa mengingatkan warga masyarakat khususnya warga Dusun Oi Wau, Desa Riwo agar mematuhi Protokol Kesehatan terutama terkait pencegahan terhadap Covid-19. 

"Masyarakat juga telah diminta agar tetap menjaga kesehatan dan tetap meningkatkan Imunitas tubuh karena kita di Dompu saat ini sudah kembali ditetapkan Zona Merah akibat adanya puluhan pasien yang telah dikonfirmasi positif Covid-19," lanjut Rijaidin.

Dengan hadirnya Bhabinkamtibmas, Brigadir Rijaidin, di Desa Riwo warga seperti mendapatkan semangat baru, karena ada aparat kepolisian yang hadir sebagai motor penggerak bahkan memberi semangat di saat ada kegiatan seperti pembersihan jalan yang sudah dilakukan. 

"Kami warga Masyarakat Desa Riwo khususnya yang di dusun Oi wau mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dorongan dari pak Bhabinkamtibmas. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT," tutur salah seorang warga. 

Masyarakat juga mengaku tentu akan mematuhi protokol kesehatan, dengan cara mencuci tangan, menghindari diri dari kontaminasi dengan pasien Covid-19, memakai masker dan tidak bepergian kecuali ada kepentingan. (ds-hd)

SepekanMore