Info TeknoSmart PhoneWhatsapp

Baru! Muncul Notifikasi Di Layar Whatsapp. Ini Yang Harus Dilakukan!

Thursday, January 7, 2021, January 07, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-08T05:19:38Z

 

Perubahan kebijakan whatsapp, (7/1).
Pict: google

Jakarta, Dompu Siar - Baru-baru ini WhatsApp memberi notifikasi berupa syarat pemakaian Baru atau terdapat kebijakan privacy baru yang akan direlease oleh Aplikasi milik Perusahaan Raksasa Facebook itu.

Lalu, apa yang Harus Dilakukan Pengguna?

Seiring dengan semakin bertambahnya pengguna Aplikasi layanan pesan, WhatsApp wajar memperbarui persyaratan layanan dan kebijakan privasiya. 

Hari ini, Kamis (7/1/2021) seseorang membuka aplikasi WhatsApp, tiba-tiba ia mendapatkan notifikasi baru terkait hal itu.

"Saya kaget! Saya pikir Whatsapp saya rusak dan tidak bisa digunakan," kisah salah seorang pengguna pada media ini.

Sebenarnya ada tiga poin persyaratan baru yang ditampilkan, termasuk soal keharusan data pengguna WhatsApp diteruskan ke Facebook. Pengguna mesti menyetujui syarat baru tersebut kalau ingin tetap bisa menggunakan WhatsApp. 

Lalu apa yang harus dilakukan oleh pengguna? 

Baca Juga : Whatsapp Keluarkan Kebijakan Privacy Baru, Ini Maksudnya!

Dilansir dari Kompas Tekno, Ada tiga opsi yang disediakan WhatsApp untuk para penggunanya terkait kebijakan baru ini, yakni setuju (agree), menunda (not now), atau hapus akun.

Apabila setuju, pengguna bisa langsung mengklik tombol berwarna hijau di pojok kanan bawah bertuliskan "setuju/agree".

Konsekuensinya, pengguna menyetujui seluruh perubahan kebijakan layanan dan privasi baru WhatsApp ini, termasuk memberikan izin kepada WhatsApp untuk memberikan informasi berupa data dan lainnya kepada Facebook.

"Informasi yang dibagikan ke Facebook termasuk informasi registrasi akun pengguna (berikut nomor telepon), data transaksi, informasi terkait layanan, informasi interaksi Anda dengan orang lain," tulis WhatsApp dalam sebuah laman di situsnya.

Si pengguna tadi sempat mencoba menekan tombol "agree". Setelah itu, WhatsApp tidak menampilkan notifikasi lanjutan dan berjalan seperti biasa, tapi bisa diduga bahwa WhatsApp sudah memperoleh persetujuan dan akan meneruskan data ke Facebook.

Sama halnya seperti sebelumnya, media ini pun mencoba menekan tombol "Not now" di akun Whatsapp yang lain. Langkah ini ternyata tidak memunculkan notifikasi lanjutan. WhatsApp tampil seperti tidak ada perubahan apapun. 

"Mungkin di kemudian waktu pengguna akan kembali diingatkan untuk menentukan pilihan," tungkas Pengguna tadi.

Masih dari sumber yang sama menyebutkan bahwa menyetujui ketentuan privasi baru (termasuk meneruskan data ke Facebook) merupakan syarat mutlak agar pengguna bisa terus memakai WhatsApp.

Ketentuan baru WhatsApp rencananya akan berlaku efektif mulai pada tanggal 8 Februari 2021 mendatang.

Setelah tanggal tersebut, boleh jadi pengguna yang tidak atau belum menyetujui ketentuan baru WhatsApp tak akan bisa lagi memakai aplikasi itu.

Bahkan dengan kata lain, pengguna "dipaksa" untuk setuju. Pilihan lainnya adalah menghapus akun dan tidak menggunakan WhatsApp lagi.  Dalam notifikasinya, WhatsApp menyarankan pengguna mengunjungi Help Center untuk melakukan hal ini.

Pengguna tidak perlu khawatir atas kebijakan baru ini. Sebab, Whatsapp tetap memasang fitur end-to-end yang terenskripsi. Maksudnya setiap interaksi, hanya bisa diketahui oleh kedua belah pihak. (DS-MA)

SepekanMore