Iklan

BabinkamtibmasBabinsaBanjirManggelewa

Cegah Banjir Luapan, Babinkamtibmas Anamina Ajak Warga Gotong Royong

Dompu Siar
, Tuesday, January 05, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-05T11:44:13Z

 

Gotong Royong bersihkan saluran air, (5/1).
Foto: Ist

Manggelewa, Dompu Siar - Sejak pertengahan Desember tahun lalu, curah hujan sepertinya tampak meningkat. Hal ini mengundang kekhawatiran tersendiri dari berbagai pihak. 

Terlebih lagi, di beberapa tempat telah banyak dilaporkan tengah dilanda banjir bahkan tanah longsor. Jika tidak segera dilakukan langkah antisipasi, maka tidak menutup kemungkinan, banjir juga akan melanda seluruh wilayah.

Inilah yang mendorong Bripka Agus Sugiyanto bersama dengan Babinsa dan warga binaannya melaksanakan bhakti gotong royong. Kegiatan ini diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus memininalisir kekhawatiran akan datangnya banjir tersebut, Desa Anamina, Senin, (5/1/2021).

Dilansir dari media publikasi Humas Polres Dompu, bahwa giat pembersihan saluran irigasi ini digelar di lingkungan tempat tinggal warga, di Desa Anamina, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, yang dimulai sekitar pukul 8.30 Wita sampai selesai.

"Hal ini dilakukan untuk mencegah luapan air sehingga berpotensi terjadinya banjir," ujar Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan langkah solutif sekaligus langkah antisipatif dalam rangka cegah dini akan kemungkinan datangnya banjir di desa binaannya itu. 

"Kita tahu bahwa Desa Anamina cukup berpotensi terjadinya banjir, dengan membersihkan saluran irigasi bisa meminimalisir luapan air ke pekarangan rumah," terangnya.

Dari sumber yang sama menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini, Agus juga bahu membahu dengan Babinsa dalam melaksanakan gotong royong, "Hal ini kami inisiasi, saya bersama Babinsa mengajak seluruh masyarakat Desa Ana mina untuk sama sama bekerja menciptakan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman," ujarnya.

Pemerintah Desa selaku penanggungjawab wilayah juga mengomentari giat yang dilakukan oleh Babinkamtibmas, Babinsa beserta warganya. 

Orang nomor satu di desa tersebut sangat apresiatif dengan adanya kegiatan seperti ini, Kepala Desa Ana mina M. Yasin berterima kasih atas dedikasi dan kepedulian Bhabinkamtibmas.

"Saya selaku Kepala Desa sangat apresiatif terhadap keberadaan Bhabinkamtibmas, sangat membantu. Terima kasih atas kepeduliannya terhadap kehidupan warga binaannya," kata Yasin. (DS-HD)

SepekanMore