Banjir MerahNasional

Viral, Banjir Berwarna Merah Hebohkan Warga, Ini Faktanya

Saturday, February 6, 2021, February 06, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-06T12:20:57Z
Banjir Warna Merah, Pekalongan, Jawa Tengah


Nasional, Dompu Siar - Genangan air akibat banjir biasanya berwarna coklat mengikuti kontur tanah bawaan. Tapi, genangan banjir kali ini justru warna airnya merah pekat. Sontak membuat kaget warga Kelurahan Jenggot, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021).

Dari penelusuran redaksi media ini, ternyata warna merah itu diduga disebabkan oleh tumpahan cairan pewarna batik. Hal ini dikuatkan mengingat Pekalongan memang terkenal sebagai kota pengrajin batik di Indonesia.

Situs berita Kompas yang ikut meliput fenomena banjir warna merah ini, mengungkap bahwa perubahan warna air tersebut diakibatkan oleh rembesan pewarna batik. 

"Biasanya tidak pernah terjadi air banjir warnanya merah. Kayaknya ini karena obat batik yang jatuh ke air banjir," kata Furqon dilansir Kompas di lamannya.

Terkait fenomena langka ini, beberapa netizen ikut memberikan komentar, penyebab air itu berwarna merah diduga bersumber dari pembuangan limbah pengusaha batik.

"Sudah sudah! berita kaya gini jangan dibesar-besarkan, nanti kasihan juragan batik banyak yang merugi kalau pada disuruh buat pembuangan limbah sendiri dan kita buruh juga yang nantinya kena imbasnya gak bisa kerja (SATIR)" tulis Agus Yulistian di laman Pekalongan Info. (ds-ma)

Tonton Video Berikut!



SepekanMore