Iklan

Bantuan SosialBLTDana DesaDesa SukadamaiManggelewa

Bagikan BLT Tahap Pertama 2021, Pemdes Sukadamai: Tidak Boleh Ada Pemotongan

Dompu Siar
, Thursday, April 01, 2021 WAT
Last Updated 2021-04-01T07:15:36Z
Bagikan BLT Tahap Pertama 2021, Pemdes Sukadamai: Tidak Boleh Ada Pemotongan


Manggelewa, Dompu Siar - Pemerintah Desa Sukadamai, Kecamatan Manggelewa, selesai melaksanakan penyaluran/pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap 1, tanpa ada pemotongan sepersen pun, Kamis (01/3/2021) sekira pukul 10.15 Wita.

Di Tahun 2021 ini, tercatat ada 56 KK se Desa Sukadamai, menerima BLT dari Dana Desa, berdasarkan hasil penetapan oleh Pemerintah Desa dan Tim yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Penerima BLT masing-masing mendapatkan dana bantuan sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) perorang. 

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Desa melalui Kepala Desa, Mustanadi, S.Sos., mengaku sistem pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun ini agak berbeda dengan sistem pembagian di tahun 2020. 

Katanya, pembagian BLT dari Dana Desa ini turut di hadiri dan disaksikan oleh Sekcam Manggelewa, Ketua BPD, Babinsa dan Babinkantibmas Desa Suka Damai serta Pendamping Desa.

 "BLT Dana Desa ini tidak boleh dipotong berapapun dan oleh siapapun karena ini adalah hak masyarakat penerima," kata Mustanadi tegas.

Ia pun menghimbau pada masyarakat yang menerima bantuan  agar tetap mentaati protokol covid 19, antara lain dengan tetap memakai masker, jaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun.

"Bagi penerima manfaat agar bantuan yang di berikan di manfaatkan untuk kepentingan keluarga dengan baik," jelasnya.

Saat sambutan itu juga, Mustanadi menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan BLT Dana Desa kali ini.

"Untuk bulan Januari baru bisa cair di awal bulan April karena terkendala oleh persyaratan penyaluran yang begitu banyak dan prosesnya lumayan lama," tandasnya.

Selaku Pemerintah Desa, Sekretaris Desa Sukadamai, Maswan, S.Pd.i., ikut mengingatkan agar dana bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Harapan kami, semoga BLT Dana Desa ini bisa meringankan beban masyarakat yg begitu banyak akibat pandemi Covid-19 ini dan uang BLT Dana Desa ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Kita berdoa saja supaya pandemi ini bisa cepat teratasi," tutur Maswan.

Marwan menambahkan, untuk BLT Dana Desa bulan Februari akan diproses lagi penyalurannya setelah pembagian BLT jatah bulan Januari ini secepatnya.

Sementara itu, Sekcam Manggelewa, Listyo Adi S.Pd, yang ikut menghadiri acara pembagian BLT-Dana Desa turut menyampaikan harapannya pada warga penerima bantuan. 

Senada, dalam sambutannya Listyo Adi berharap kepada penerima manfaat uang bantuan, "semoga dapat membantu memulihkan ekonomi keluarga masing-masing," ujarnya. (Far)

SepekanMore