Iklan

Desa SukadamaiDirgahayu 76InspirasiManggelewaProklamasi

Keren, Satu Dusun Warga di Manggelewa, Gelar Upacara HUT RI 76, di Tengah Sawah

Dompu Siar
, Tuesday, August 17, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-17T14:27:00Z
Suasana Pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-76
di Dusun Makmur Damai


Manggelewa, Dompu Siar - Di Kabupaten Dompu, khususnya di Kecamatan Manggelewa, pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan, biasanya diselenggarakan oleh lembaga, instansi dan atau institusi setingkat desa. 

Namun, ada yang beda dari warga masyarakat yang lebih khusus lagi di Dusun Makmur Damai, Desa Suka Damai, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. 

Di hari peringatan peristiwa bersejarah lahirnya NKRI ini, warga desa tersebut, sukses menggelar upacara HUT ke-76 RI di tengah persawahan kering tidak jauh dari pemukiman, Selasa, (17/08/2021).

Pantauan langsung oleh awak media ini, pada pelaksanaanya, diikuti oleh beberapa elemen termasuk warga desa mulai dari anak-anak usia sekolah hingga orang dewasa, antusias mengikuti rangkaian upacara.

Rupanya, pelaksanaan upacara khusus di Dusun Makmur Damai ini merupakan inisiatif dari Kepala Dusun (Kadus) setempat yang menginginkan upacara syakral itu diadakan bersama warga. 

Saat upacara dimulai, yang bertindak sebagai Pembina (Inspektur, red) upacara yakni, Muhtar, S.Pd.SD., guru di sekolah setempat.

Sedangkan yang bertindak selaku Komandan upacara yakni, Eva Dwi Aryati, yang saat ini diketahui berstatus pegawai di Rumah Sakit Pratama (RSP) Manggelewa.

Selanjutnya, tampak peserta upacara sebelumnya dibagi ke dalam satu regu pelajar, satu regu bapak-bapak, dua regu ibu-ibu, dan seluruh peserta upacara.

Juga, masing-masing menggunakan seragam yg berbeda-beda Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolahan memakai seragam sekolah berdasarkan tingkatan, sedangkan orang Dewasa memakai Seragam yang beragam berdasarkan profesinya masing-masing.

Dikonfirmasi awak media, Kepala Dusun Makmur Damai, Junaid dalam keterangannya menyebutkan, kalau upacara semacam ini baru pertama kali diadakan di desanya.

"Ini pertamanya kami melakukan kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan," ungkap Junaid. 

Lanjutnya, ini merupakan inisiatif dari masyarakat kami, sekalipun saat ini umumnya tengah menghadapi masa pandemi.

Suasana Pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-76
di Dusun Makmur Damai

"tapi sedikitpun tidak menyurut semangat dan antusias masyarakat kami sampai mau ikut memperingati Hari Kemerdekaan NKRI yang kita cintai bersama," jelas Junaid.

Meski demikian, kata Junaid, warga tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan upacara sesuai anjuran pemerintah.

"Selain dari Kegiatan Upacara kami dari panitia juga mengadakan beberapa mata lomba yang akan diikuti oleh Anak-anak dan Orang Dewasa," beber Junaid.

Usai pelaksanaan Upacara HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke-76, peserta langsung kembali menuju ke rumah masing-masing, untuk kemudian mengikuti kegiatan selanjutnya. (Far)

SepekanMore