Iklan

BimtekDikpora DompuForum PAUD DompuPaud DikmasPendidikan

Dinas Dikpora Dompu Gelar Bimtek LBB untuk 20 Lembaga PAUD se Kabupaten Dompu

Dompu Siar
, Tuesday, September 28, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-28T12:25:58Z
Dinas Dikpora Dompu Gelar Bimtek LBB untuk 20 Lembaga PAUD se Kabupaten Dompu



Dompu, Dompu Siar - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, melalui Bidang PAUD dan Dikmas, sukses menggelar kegiatan Bimbingan Teknis bertajuk Lingkungan Belajar Berkualitas (LBB) kepada 20 Lembaga PAUD se Kabupaten Dompu, Selasa (28/9/2021). 


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Drs. H. Rifaid, M.Pd., didampingi oleh Pejabat Baru Kepala Bidang Paud Dikmas, Muhammad Sadik, S.Pd,.


Di samping itu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, sebelum masuk ke dalam ruangan, peserta terlebih dahulu mengikuti Swab Anti Gen yang telah disiapkan oleh Panitia Pelakasana. 


Dalam arahannya pada sesi sambutan sekaligus membuka kegiatan, Plt. Kadis Dikpora menyampaikan, lewat kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat mendorong hadirnya pembelajaran yang bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.


Plt. Kadis Dikpora, H. Rifaid, M.Pd., Saat Memberi Sambutan Saat Kegiatan


"Lingkungan belajar yang dimaksudkan disini adalah lingkungan belajar secara menyeluruh. Hal ini mencakup berbagai unsur yang tidak terbatas pada sarana prasarana semata," paparnya.


Ia menjelaskan, beberapa faktor penentu lainnya yang dapat menunjang terwujudnya lingkungan belajar berkualitas, yaitu kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak.


"LBB ini juga menghendaki adanya penerapan pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan," jelasnya.


Sementara Ketua Pantia Pelaksana, M. Yusuf Wijaya, M.Pd., dalam keterangannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini  dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, dari hari Senin, 27 - 28 September 2021.


Saat memberikan laporan pelaksanaan kegiatan, pria paruh baya yang juga Pejabat Lama di Bidang Paud Dikmas ini juga mengungkapkan terkait masih adanya satuan PAUD yang belum memahami implementasi kurikulum dengan benar.


Ketua Panitia, M. Yusuf Wijaya, M.Pd


"Masih banyak satuan PAUD yang belum mengintegrasikan prinsip bermain kedalam kegiatan pembelajaran, serta praktik-praktik lain yang dapat mereduksi layanan PAUD yang berkualitas," ungkap Yusuf.


Ia menjelaskan, berangkat dari fenomena tersebut, maka peningkatan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD merupakan salah satu prioritas program yang harus segera dilakukan. 


"Maka untuk merealisasikan hal ini, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini baik di pusat maupun di daerah," jelasnya.


Pemerintah Daerah dalam hal ini, sambungnya, ialah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu perlu melaksanakan bimbingan teknis yang memadai tentang pengelolaan lingkungan belajar yang berkualitas. 


"Dengan demikian Satuan Pendidikan PAUD mendapatkan bimbingan melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG)," terangnya.


Yusuf menambahkan, bahwa kehadiran PKG merupakan kumpulan dari tiga sampai delapan gugus PAUD yang menjadi salah satu wadah bagi PTK untuk berbagi pengalaman dan memberi imbas akan ilmu serta informasi dari bimbingan teknis (Bimtek).


Pantauan langsung awak media ini, mendapati bahwa dalam pelaksanaan kegiatan, diisi dengan beberapa materi antara lain, Bimbingan Teknis tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Ketertinggalan dan Perkembangan Anak sebagai Dampak dari Covid-19.


Keterwakilan dari Bidang Pengembangan PAUDNI, Dinas Dikbudpora Provinsi NTB, Bapak
Suharliyanto, S.Pd


"Untuk mengisi materi tersebut, dibimbing langsung oleh keterwakilan dari Bidang Pengembangan PAUDNI, Dinas Dikbudpora Provinsi NTB, Bapak Suharliyanto, S.Pd.," ungkap Muhammad Ihsan, S.Ag, Kasi Kurikulum, Bidang Paud Dikmas Dikpora Dompu, Selasa (28/9/2021) di tempat pelaksanaan kegiatan.


Tidak hanya itu, kegiatan yang digelar di Laberka Room & Cafe itu juga diisi oleh beberapa Nara Sumber Utama, antara lain, Ida Rofiqaduri dari Penilik Paud Dikmas Kabupaten Dompu dan Sumarni, S.Pd., dari Perwakilan Himpaudi Kabupaten Dompu.


Sumarni, S.Pd membawakan materi tentang Pembelajaran Berbasis Project


Kegiatan tampak semakin menarik, saat Sumarni, S.Pd membawakan materi tentang Pembelajaran Berbasis Project, sedangkan pemateri lainnya, Ida Rofiqaduri, membawakan materi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.


Di mana, keduanya, sama-sama mewarnai kegiatan dengan beberapa atraksi musik khas anak yang nantinya dapat diterapkan oleh masing-masing PKG atau PAUD di lingkungan belajarnya.


Ida Rofiqaduri, membawakan materi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi


Di penghujung kegiatan, Bimtek LBB Paud Dinas Dikpora Tahun 2021, ditutup secara resmi oleh Pejabat Baru, Kepala Bidang Paud Dikmas, Muhammad Sadik, S.Pd., yang dirangkai dengan temu pisah dengan Pejabat Lama, M. Yusuf Wijaya, M.Pd,.


Mengisi sesi penutup ini, Sadik menitipkan pesan dan harapan terutama pada Pusat Kegiatan Gugus (PKG), agar Bimtek LBB yang ditempuh ini, dapat diimplementasikan pada saat KBM di lingkungan Paud masing-masing. 


Sesi Foto Bersama Jajaran Bidang Paud Dikmas
Bersama Lembaga Paud Dompu


"Dengan adanya Lingkungan Belajar Berkualitas, maka Perkembangan Belajar Anak Usia Dini dapat lebih baik dan juga lebih berkualitas," tutupnya. (Red)

SepekanMore