dr. Evi MariaInfo SehatLintas NTBLombok BaratPuskesmasVaksinasi

Jelang WSBK, ini Langkah Dokter Evi untuk Kejar Target 70 Persen

Saturday, October 30, 2021, October 30, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-31T02:04:15Z
Giat Vaksinasi oleh Tim Puskesmas Sigerongan
(Foto: Ist)



Lintas NTB, Dompu Siar - Untuk mengejar target vaksin 70 persen menjelang pelaksanaan even World Super Bike (WSBK), tim Gerebek Vaksin Tuntas Lombok Barat bergerak cepat, dengan berbagai langkah telah dilakukan oleh tim untuk melakukan percepatan vaksinasi agar target dapat tercapai. 


Seperti yang dilakukan oleh Tim Gerebek Vaksinasi Tuntas Puskesmas Sigerongan, Kecamatan Lingsar, yang langsung turun ke dusun dusun untuk melakukan vaksinasi. 


Menurut Kepala Puskesmas Sigerongan dr. Evi Maria, strategi ini dipilih oleh tim kecamatan agar masyarakat dapat terlayani dengan cepat. 


Menurutnya hal ini sangat efektif karena lokasi vaksinasi lebih dekat dengan masyarakat sehingga proses vaksinasi bisa lebih cepat.


"Tim kami langsung ke dusun dusun dengan target 50 hingga 150 per hari, alhamdulillah bisa lebih cepat," ujarnya saat ditemui di kantor camat Lingsar, Sabtu, 30 Oktober 2021.


Menurut Dokter Evi strategi ini lebih maksimal karena tim langsung mendekat ke lokasi lokasi pemukiman warga. 


Dengan dukungan dari Kepala Desa, Kepala Dusun, TNI dan Polri dan tim admin OPD masyarakat yang menjadi sasaran vaksin bisa cepat memperoleh layanan vaksin. 


Namun demikian menurut Dokter Evi, tim vaksinasi lebih lelah karena harus bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 


"Tim bergerak dari lokasi satu ke lokasi lainnya untuk mempercepat vaksinasi, satu hari target 1 hingga 2 dusun untuk setiap tim," ujarnya. 


Dengan strategi jemput bola ini atau mendekatkan tim ke masyarakat di dusun, target capaian vaksinasi di wilayah Puskesmas Sigerongan dapat tercapai setiap harinya. 


Bahkan menurut Dokter Evi terkadang melebihi target yang telah di tetapkan. Ia mengatakan strategi ini sebagai terobosan saat mulai sulit untuk mencari masyarakat untuk di vaksin. 


"Semakin ke depan tentu akan sulit mencari masyarakat untuk divaksin sehingga kita harus mendekatkan lokasi vaksin ke tempat tinggal warga," ujarnya. 


Ia mengatakan untuk menjaga semangat tim Puskesmas Sigerongan, pihaknya tiap saat ikut turun lapangan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada tim. 


Kepala PKM Sigerongan, dr. Evi Maria
(Foto: Ist)


Selain itu kerjasama yang baik antara tim puskesmas dengan camat, Danposramil Lingsar dan Kapolsek Lingsar serta tim OPD sangat membantu kerja tim dalam mempercepat vaksinasi. 


Hingga Sabtu Malam 30 Oktober 2021 jumlah masyarakat   kecamatan lingsar yang telah divaksin sesuai dengan data dari www.satudata.lombokbaratkab.go.id sebanyak 37.568 orang untuk dosis 1 dan 12.160 orang untuk dosis 2. 


Sementara untuk Lombok Barat secara keseluruhan jumlah masyarakat yang telah divaksin sebanyak 354.150 orang untuk dosis 1   dan 116.238 untuk dosis 2 atau mencapai 66,80 persen untuk dosis. (Ma)

SepekanMore