Iklan

H. Syahrul ParsanHu'uInfo SportWakil Bupati Dompu

Lomba Perahu Layar di Teluk Cempi, Dibuka Resmi oleh Wakil Bupati

Dompu Siar
, Saturday, October 02, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-02T11:06:10Z
Lomba Perahu Layar di Teluk Cempi, Dibuka Resmi oleh Wakil Bupati



Dompu, Dompu Siar - Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT Sabtu (02/10) sekitar pukul 10.00 wita membuka secara resmi Kegiatan lomba perahu layar bertempat di Teluk Cempi Desa Cempi Jaya, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu NTB.


Pada Kegiatan lomba perahu layar ini, Wakil Bupati Dompu turut di dampingi langsung oleh Kadis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, H. Khaerul Insan, SE, MM, Kabid Seni Budaya Dikbudpar, Zaenal Afrodi, S.Pd, MM, Camat Huu, Muhtar, S.Sos, Kades Cempi Jaya, Syarifuddin dan Kades Daha, Fadlin.


Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT memberikan support atas kegiatan tahunan yang dijalankan oleh masyarakat Desa Cempi Jaya ini. 


Bahkan Wakil Bupati Dompu meminta agar kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan bisa dijadikan sebagai budaya bagi warga yang berada di Kecamatan Huu.


"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Dompu mendukung kegiatan lomba perahu layar ini. Kalau bisa lomba perahu layar  bisa dijadikan sebagai budaya bagi masyarakat Kecamatan Huu sendiri yang sifatnya harus dikembangkan,"demikian kata Wakil Bupati Dompu yang disambut tepuk tangan oleh ribuan penonton.


Wakil Bupati Dompu berharap, agar pada pelaksanaan kegiatan lomba perahu layar ini, semua pihak dapat melaksanakan kegiatan lomba dengan sportif dan bisa terlaksana secara aman, nyaman dan damai.


Untuk itu, Wakil Bupati Dompu menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang hadir pada kegiatan lomba ini sebagai penonton setia, untuk dapat mengikuti protokol Kesehatan covid 19 dan bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat melaksanakan vaksinasi covid 19.


"Mari kita ciptakan Kabupaten Dompu yang aman, religius dan sejahtera untuk menuju Kabupaten Dompu yang MASHUR," ajak Wabup. 


Wabup juga mengajak pada semuanya, agar dapat mensosialisasikan juga vaksinasi ke masyarakat agar masyarakat bisa sadar dan mau melakukan vaksinasi,"ajak Wakil Bupati Dompu.


Sementara Ketua Panitia, Irfan Susanto dalam sambutannya menjelaskan, jumlah peserta lomba yang mendaftarkan ke panitia yakni hanya 10 perahu, sedangkan pasca lomba pembuka  dilaksanakan, panitia kembali menerima peserta yang melakukan pendaftaran lagi. 


Kegiatan lomba perahu layar ini hanya diikuti oleh peserta dari Desa Marada, Desa Huu, Desa Jala dan Desa Cempi Jaya saja, sementara untuk tahun ini Desa Jambu dan Desa Mbawi tidak ada yang ikut. Sehingga jumlah peserta yang ikut lomba pada tahun ini menurun jika dibandingkan tahun lalu.


Untuk hari pembuka ini, ungkap Irfan, pihak panitia hanya melepas 10 perahu saja melalui dua ret, pada ret pertama yakni melepas 5 perahu dan ret kedua juga melepas 5 perahu.


Semuanya dilepas berdasarkan arah angin sehingga pelepasan peserta lomba perahu ini hanya dibatasi saat pembukaan saja.


"Star di teka binga samping pantai ria dan garis finish di Desa Cempi Jaya. Dengan adanya lomba perahu layar ini telah menghipnotis ribuan penonton karena memang umumnya masyarakat Kecamatan Huu sangat antusias dengan lomba ini," jelas Irfan.


Irfan menambahkan, "Insyaallah lomba ini akan dilaksanakan secara sportif, aman dan nyaman. Kegiatan lomba perahu layar ini melibatkan Karang Taruna Cempi Bersinar, Pokdarwis Pantai Ngampa dan Pemdes serta BPD dan seluruh staf Desa Cempi Jaya," pungkasnya. (Tim)

SepekanMore