BanjirHu'uInfo BanjirMusibahPeristiwa

Kaget, Hu'u Kena Musibah Lagi?

Friday, November 26, 2021, November 26, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-27T03:10:31Z
Kondisi Korban mencoba membangun tenda darurat (Foto: Capture)



Hu'u, Dompu Siar - Sejumlah rumah dan bangunan vital mengalami kerusakan parah akibat arus banjir saat hujan deras disertai angin kencang melanda di wilayah Kecamatan Hu'u, Kamis (25/11/2021) sekira malam waktu setempat.


Tidak hanya itu, beberapa pohon yang tumbuh di bibir pantai Lakey juga tumbang ditambah lagi oleh hantaman gelombang laut yang pasang yang berlangsung sejak lama.


Menurut pengakuan warga setempat, hujan mengguyur wilayah Kecamatan Hu'u berlangsung sejak waktu sore hingga sekitar pukul 03.00 Wita.


"Hujan dari kemarin sore, sampai pagi," ungkap Khairunnisa, Pemilik salah satu Hotel di Lakey Beach. 


Lanjutnya, pepohonan tumbang hingga akses jalan terputus tidak hanya disebabkan oleh adanya hujan yang mengguyur wilayah tersebut, akan tetapi juga disebabkan oleh gelombang air laut yang pasang.


"Ada beberapa pepohonan tumbang di bibir pantai dan ini sudah berlangsung lama tanpa ada perhatian dan perbaikan," jelasnya.


Sementara itu, BPBD NTB Prov., di laman Facebook-nya menyebutkan, bahwa banjir tersebut diakibatkan karena debit air Sungai meningkat sehingga mengakibatkan banjir bandang dan merendam pemukiman warga yang terletak di Dusun Ncangga, Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u. 


"Curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Dompu sekitar pukul 20.30 – 03.30 Wita," tulis laman tersebut.


Akibatnya, sejumlah rumah yang terletak Dusun Ncangga Kecamatan Hu’u mengalami kerusakan cukup parah, antara lain, Dusun Ncangga, Desa Hu'u, terdapat 2 KK dengan 8 Jiwa terdampak.


Lebih lanjut, 2 unit Rumah Rusak Berat, 1 Hotel Alamanda Rusak Berat , 1 Pondok Rusak Berat, Jalan Lintas Rusak Berat, Lampu Penerang Jalan.


Selanjutnya, pihak BPBD Kabupaten Dompu telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, TNI dan Polri. BPBD Provinsi NTB kemudian melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Bima terkait penanganan kebencanaan dan bantuan logistik. 


Kondisi pasca Musibah (Foto: Ist)


Informasi dari sumber yang sama juga menyebutkan, sebagai bentuk responsif, lanjut Pemerintah Desa Hu'u bersama Anggota Koramil, Jum'at pagi langsung turun di lapangan membantu warga membersihkan sampah banjir.


Adapun sumber lain menuturkan, bahwa rumah warga yang tertimpa pohon dan digenangi banjir yakni Ibrahim (70), Agani (27). Sementara fasilitas umum hotel Alamanda Lakey, milik Made Supatra 50 tahun, pondok pantai Lakey. Jalan lintas pantai Lakey dan fasilitas listrik penerang jalan serta fasilitas umum lainnya rusak parah.


Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai Ratusan Juta Rupiah. (Hd)

SepekanMore