Iklan

Bulan RamadhanDesa SukadamaiManggelewaNuzulul Qur'an

PEMDES DAN BPD DESA SUKA DAMAI HADIRI PERINGATAN MALAM NUZULUL QUR'AN DI MUSHOLAH NURUL HUDA DUSUN CAKRA BARU

Dompu Siar
, Thursday, April 28, 2022 WAT
Last Updated 2022-04-29T20:39:23Z



DOMPU SIAR. NET

Manggelewa,Dompu Siar– Pengurus mushollah Nurul Huda Dusun Cakra Baru Desa Suka Damai menggelar Peringatan Nuzul Alquran pada malam 27 Ramadhan 1443 Hijriyah, Di Mushollah Nurul Huda Kamis (28/4/2022) sekitar Pukul 21.00 Wita.


Peringatan Nuzul Quran ini berlangsung khidmat, diawali dengan Shalat Isya dan Tarawih beserta Witir berjamaah. Turut dihadir Kepala Desa Suka Damai, Mustanadi, S.Sos, Sekretaris Desa, Maswan, S.Pd.I, beserta BPD Desa Suka Damai dan seluruh Masyarakat setempat.


Kepala Desa Suka Damai, Mustanadi, S.Sos, dalam sambutanya menyampaikan, " Peringatan Nuzul Quran ini sebagai momentum memahami dan semakin mencintai Al Quran sebagai kitab suci yang dimuliakan oleh Allah SWT. Nuzulul Quran itu dimulai sejak penurunannya dari lauhul mahfuz secara utuh ke langit hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW, "Sambutnya.

Sejumlah Jama'ah (Foto:Far)


Mustanadi, berharap " Peringatan Nuzul quran ini tidak hanya sekedar seremonial saja tetapi bagaimana menterjemahkan nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Memperingati Nuzul Quran sebagai sarana untuk mengingat dan mengenang kembali malam diturunkannya Mukjizat Al-Quran pertama kali oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Muhammad SAW, "Harapanya.


Selain itu, Mustanadi, juga mengajak masyarakat Suka Damai untuk berkontribusi dan mendukung Program keagamaan yang diadakan, baik di Musholah maupun di Masjid ditiap Dusun masing-masing" Tutupnya.


Sementara itu, TGH H. Jaelani, QH S.Pd.I, dalam tausiahnya menyampaikan, Hikmah dari malam Nuzulul Qur’an. Dimana hal yang harus diperhatikan dalam malam Nuzulul Qur’an adalah ayat pertama yang diturunkan Allah SWT yakni Surat Al-‘Alaq yang berbunyi Iqro atau Bacalah, sehingga ini harus menjadi salah satu bahan tafakur bagi kaum muslim.

TGH. H.Jaelani, QH. S.Pd.I, Saat Menyampaikan Tausiyahnya (Foto:Far)


"Turunnya Al Quran ini berawal dari lauhul mahfuz ke langit dunia terjadi pada malam lailatul qadar. Pada malam ini Umat muslim menunggu malam Lailatul Qodar ini. Dengan banyak membaca dan memahami isi kandungan Alquran banyak manfaat dan faedahnya bagi umat muslim. Melalui Rumah Tahfidz, Sekolah Tahfidz, rumah ibadah dan jamaah suluk, di bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini terus giat membaca Alquran" Tausiahnya.


"Oleh karena itu melalui momentum Nuzulul Quran ini marilah kita semua agar menjadikan Al-Quran sebagai satu-satunya sebagai pedoman hidup dengan keyakinan penuh tanpa ada keraguan didalamnya, karena Al-Quran mengatur segala aspek kehidupan manusia, mari mempererat kebersamaan dan memperbaiki silaturahmi kita,”Tutupnya,  (Far).

SepekanMore