Memperingati Harlah Kec. Manggelewa Ke-21, Camat Manggelewa Menggelar Tasyakuran, Bupati Dan Wakil Bupati Dompu Ikut Hadir.

Thursday, September 22, 2022, September 22, 2022 WAT
Last Updated 2022-09-23T12:10:37Z

 

Bupati & Wakil Bupati Dompu, Beserta Camat Manggelewa Saat Potong Tumpeng (Foto:Far)

Manggelewa, Dompu-NTB, Dompu Siar.Net – Dalam rangka memperingati hari jadi Manggelewa yang ke-21 Tahun, Camat Maggelewa mengelar kegiatan Tasyakuran dengan mengusung Tema " Melalui Memperingati Hari Jadi Kecamatan Manggelewa Yang Ke-21, Kita Kokohkan Persaudaraan, Kekeluargaan dan Tolenransi Menuju Manggelewa Yang Damai. Pada hari Kamis, (22/9/2022).


Pelaksanaan acara syukuran tersebut digelar di Halaman Kantor Kecamatan Manggelewa dan acara tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu, H. Abdul Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu, H.Syahrul Parsan, ST.MM, Kapolsek Manggelewa, Danramil 1614/06 Manggelewa, Kepala Desa 12 Desa Se-Kecamatan Manggelewa, Kepala Sekolah SD,SMP dan SMA/SMK, Tokoh Masyarakat dan juga Organisasi Pemuda Kecamatan Manggelewa.


Camat Manggelewa, Saiful Arif, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan " Kecamatan Manggelewa mulai dicetuskan Pemerintah Kecamatan pada tahun 05 Juli 1999, pada saat terbentuknya sebagai Kecamatan Manggelewa sebelum difinitif pejabat Plt-nya yakni Bapak B. Ahmad, dan setelah difinitif Camat yang pertama di jabat oleh Bapak H. Adil Paradi, tahun 2001-2005, kemudian dijabat lagi oleh Bapak M.Ali M.Saleh BA, tahun 2005-2009, kemudian selanjunya di jabat oleh Bapak Nurrahmansyah M.Ts, tahun 2009-2013, kemudian dilanjutkan lagi oleh Bapak M. Rais H.M.Tahir, tahun 2013-2015, selanjutnya dijabat lagi oleh Bapak Mustaip, S.Sos, pada tahun 2015-2017, setelah itu terjadi kekosongan sehingga pejabat Plt Camat Manggelewa saat itu Bapak Imran, S.Pt, tahun 2017-2018, yang saat ini sebagai Sekretaris Camat Manggelewa (Sekcam), setelah itu pejabat selanjutnya yaitu Bapak Drs, Ismal, tahun 2018-2022, dan yang angka tertinggi angka 9 yakni saya sendiri tahun 2022 sampai waktu yang tidak ditentukan" Ungkap Saiful Arif.

Bupati Dompu, H. Abdul Kader Jaelani, Saat Menyampaikan Sambutanya, (Foto:Far)


Lebih lanjut Bapak Saiful Arif, menyampaikan "Ucapan terimakasih kami kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Dompu yang sudah meluangkan waktu menghadari acara kami yang sederhana ini. Dan ucapan terimakasih pula kami sampaikan kepada Senior-senior Camat yang dalam kesempatan ini ikut hadir di acara ini" Tuturnya.


Tambah Saiful Arif, "Pada awal berdirinya Kecamatan Manggelewa ini  terdiri dari 7 Desa, selama 21 tahun Desa berkembang menjadi 12 Desa, dengan luas Wilayah keseluruhan Kecamatan Manggelewa  176,46 Km² 12 Desa, 89 Dusun, 186 Rt, dan Kepala Keluarga (KK) 12.365, dengan pemilih KPT sampai dengan bulan juli kemarin semester 1 yakni ada 24.124 Orang, "Ucapya.

Camat Manggelewa, Saiful Arif, M.Pd, Saat Menyampaikan Sambutanya (Foto:Far)


"Harapan kami di ulang tahun ke-21 ini kepada masyarakat Manggelewa, mari kita kokohkan persatuan kita, kita kokohkan rasa persaudaraan kita, kita tingkatkan toleransi, karna kita di Manggelewa bukan saja hanya umat muslim, akan tetapi ada juga Saudara-saudara kita dari Bali yang jumlahnya sekarang mencapai 10% dari jumlah penduduk Manggelewa. Demikian juga teman-teman dari Lombok yang hampir 30% di Manggelewa, belum dari Entnis dan Suku-suku yang lain dari Jawa, Sumatra, Makasar dan seterusnya, mudah-mudah usia Manggelewa yang ke-21 tahun ini kita masih bisa membina rasa persaudaraan kita, rasa kekeluargaan kita sehingga pemerintah dapat memberikan maanfaat buat kita semua sehingga Manggelewa bisa berkembang dengan pesat masa sekarang dan dimasa-masa yang akan datang" Tutup Saiful Arif.


Di kesempatan yang sama Bupati Dompu, H.Abdul Kader Jaelani, mengawali sambutanya menyampaikan. "Terimakasih dan rasa bangga saya pribadi menyampaikan kepada Camat Manggelewa, sudah mau mengundang kami dan penyelenggarakan kegiatan Tasyakuran ini sama dengan apa yang saya inginkan, bahkan sebelum jadi Bupati, "Ungkap Bupati.

Sejumlah Muspika Kecatamatan Manggelewa Yang Turut Hadir Dalam Acara Harlah (Foto:Far)


Lebih lanjut Bapak Bupati menyampaikan, " Kegiatan semacam ini harus terus kita lestarikan  karna ini adalah bagian dari rasa syukur dan terimakasih kita kepada yang Maha Kuasa, dan selain itu kemajuan jaman sekarang ini tanpa adanya kekompakan, persatuan dan rasa persaudaraan kita akan gampang di obrak abrik oleh keadaan dan kondisi kemajuan jaman. Satu-satunya cara menghadapi dunia sekarang ini kita semua harus kokoh, bersatu padu, sehingga apapun masalah kita saling menopang seluruh apa yang di cita-cita oleh pemerintah kecamatan Manggelewa bisa terwujud, " Kata Bapak Bupati.


Dan saya berharap kepada pemerintah Kecamatan Manggelewa maupun Pemerintah Desa agar selalu mengedepankan kepentingan masyarkat dengan melayani dan mengayominya dengan baik dan bersama-sama membangun Manggelewa secara bersama-sama, "Tutup Bapak Bupati.


Di akhir acara tersebut seluruh tamu undangan yang hadir mengikuti acara Do'a bersama yang di pimpin langsung oleh, Ust. Sa'aban, dan berlangsung dengan Khusuk dan Hikmad. (Far.DMP)

SepekanMore