Iklan

Dinas PeternakanInfo SehatPolsek KempoVaksinasi

Cegah PMK, Polsek Kempo Dampingi Disnak Dompu, Vaksinasi Hewan Ternak

Dompu Siar
, Sunday, October 30, 2022 WAT
Last Updated 2022-11-02T01:40:37Z
Cegah PMK, Polsek Kempo Dampingi Disnak Dompu, Vaksinasi Hewan Ternak 
(Foto: Ist)


Polres Dompu - Dalam rangka upaya pengendalian dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Peternakan Dompu, didampingi personil Polsek Kempo, melakukan vaksinasi sekaligus pemberian vitamin pada hewan ternak terutama sapi di setiap desa se Kecamatan Kempo dan di wilayah pelepasan ternak Doro Ncanga, Minggu (30/10/2022) sekira pukul 09.00 Wita.


Pelaksanaan vaksin yang disaksikan langsung oleh Kadis Peternakan Dompu tersebut, berhasil menyuntikkan vaksin jenis Oftomune pada 142 ekor ternak masing-masing di desa Kempo dan Desa Ta'a.


Turut hadir juga pada saat pelaksanaan kegiatan, antara lain, Kadis Peternakan, Ir. Zainal Arifin, M.Si., Kapolsek Kempo IPTU Zuharis, KUPTD Peternakan Kecamatan Kempo Abdul Haris.


Di samping itu, hadir pula Dokter Ahli UPTD Peternakan Kecamatan Kempo, DrH. Indra, Pegawai Dinas UPTD Peternakan Kecamatan Kempo yang sudah dibagi 1 (satu) Tim Vaksin untuk tiap Desa, serta Babinkamtibmas dan BABINSA masing- Desa.


Kapolsek Kempo, Iptu Zuharis ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kekebalan terhadap ternak Sapi terhadap Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak Sapi di Kecamatan Kempo yang sampai saat ini sedang merebak di Indonesia.


"Adapun sasaran Vaksinasi yaitu Semua ternak warga yang ada disiapkan di Kandang masing-masing ataupun di Daerah Pelepasan ternak di Doro Ncanga," kata Zuharis.


Sementara, sambung Zuharis, Capaian Vaksinasi PMK untuk Dosis 1 dan Dosis 2 yaitu mencapai jumlah total 142 ekor/Dosis, dengan rincian Desa Kempo  sebanyak 77 jlh Dosis (per ekor 1 Dosis) dan desa Ta'a ada 65 jlh Dosis (per ekor 1 Dosis).


Ia menambahkan, bahwa Pelaksanaan Vaksinasi PMK rencananya akan terus berjalan sampai seluruh ternak sapi mendapatkan Obat Vaksin yang sudah disediakan pemerintah.


"Tim Vaksinasi PMK pada ternak Sapi di tiap Desa akan terus berjalan  untuk mencari sasaran sampai semua ternak sapi mendapatkan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Ternak sapi yang sudah dapat Vaksin 2 langsung dipasangkan Paku ERTAG," tambahnya.


Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka pengendalian PMK ini terkonfirmasi berjalan dengan aman dan lancar dan berakhir pukul 17. 30 Wita. (Tim)

SepekanMore