Iklan

Bencana AlamBMKGCuaca BurukMusim HujanPrediksi Cuaca

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Dompu Siar
, Monday, October 10, 2022 WAT
Last Updated 2022-10-10T09:06:46Z
Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta
Tetap Waspada


Dompu Siar - Hujan deras disertai angin kencang melanda khususnya wilayah Bima, Dompu dan sekitarnya.


Kaitan hal itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, cuaca ekstrem masih akan terus terjadi hingga satu bahkan dua pekan ke depan. 


Terhadap cuaca ekstrem masyarakat diminta tetap waspada akan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir luapan, banjir bandang, tanah longsor, hingga angin kencang serta angin puting beliung.


Dilansir dari situs resmi BMKG, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan, sehingga berpotensi hujan turun deras dan memakan waktu lebih lama.


Analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. 


Di samping itu, fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Julian Oscillation) yang masih aktif dan berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.


Kondisi ini secara tidak langsung masih akan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk sebagian wilayah Bima, Dompu dan Sekitarnya. (Red)

SepekanMore