Iklan

SDN 14 Manggelewa, Upacara Bendera Menjadi Budaya Sekolah

Dompu Siar
, Sunday, October 09, 2022 WAT
Last Updated 2022-10-10T01:01:48Z

 



Manggelewa-Dompu, Dompu Siar. Net -Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah baik Negeri maupun Swasta wajib melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).


Upaca Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.


Kegiatan Upacara Bendera menjadi budaya yang harus terus dilestarikan oleh setiap Satuan Pendisikan, Salah satunya yang dilakukan Oleh SDN 14 Manggelewa, Desa Suka Damai, Kec. Manggelewa, Kab. Dompu-NTB, Pada Senin (10/10/2022).


Bertempat dilapangan SDN 14 Manggelewa, seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta para peserta didik mengikuti upacara bendera yang dimulai pukul 07.15 WIITA, dengan tertib dan hikmat.


Sebagai pembina upacara bendera adalah Kepala SDN 14 Manggelewa, Bapak Arifin, S.Pd.SD


Dalam amanatnya, Arifin, S.Pd.SD, menyampaikan kepada seluruh peserta didik SDN 14 Manggelewa, "Upacara bendera adalah merupakan kegiatan rutinitas bagi seluruh warga sekolah tiap minggunya, upacara bendera bukan hanya sekedar ceremonial saja, akan tetapi kegiatan ini bagian daripada bagaimana warga negara indonesia menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang tekah berjuang merebut kemerdekan NKRI" Ungkapnya.


Arifin, menambahkan, "Sebentar lagi Sekolah kita akan melaksanakan Kegiatan Asesmen Nasional (ANBK), maka lewat kesempatan ini, diharapkan semua peserta didik terutama siswa yang mengikuti ANBK agar selalu tetap memperhatikan pelajaran".


"Selain itu kepada seluruh peserta didik agar tetap mematuhi peraturan Sekolah, bersedia mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal jam pelajaran, menghormati Bapak/Ibu Guru, serta saling menghargai sesama peserta didik di SDN 14 Manggelewa" Tutupnya. (Far.DMP)

SepekanMore