Iklan

Kapolres Dompu, Iwan Hidayat Ikuti Peringatan HKP Bersama Forkopimda Di Halaman Pemda Dompu

Dompu Siar
, Thursday, June 01, 2023 WAT
Last Updated 2023-09-14T00:49:18Z
Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan Beringin


Dompu, Dompu Siar - Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan Beringin, Kantor Pemerintah Kabupaten Dompu, Kamis (1/6/2023) sekira pukul 08.00 Wita.


Disamping Kapolres, ikut hadir saat upacara berlangsung, Kasdim 1614 Dompu Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH., Ketua DPRD Kab. Dompu Andi Bachtiar A.Md Par., Sekda Kab. Dompu Gatot Gunawan PP S.Km, M.MKes., dan Perwakilan Kepala Kejaksaan Dompu.


Sementara dibarisan upacara tampak seluruh jajaran OPD Lingkup Pemda Kabupaten Dompu, Satu Peleton Sat Samapta Polres, Satu Peleton Anggota Kodim 1614, Satu Peleton Anggota Brimob Kompo 2 Yon C, serta Satu Peleton Sat Pol PP Kab. Dompu


Lazimnya upacara resmi, pelaksanaan upacara dimulai oleh Peserta Upacara yang memasuki Lapangan Upacara kemudian ditutup do'a dan pembubaran seluruh peserta upacara oleh komandan masing-masing barisan.


Terkait Hari Kesaktian Pancasila (HKP), saat dikonfirmasi terpisah Kapolres menyebutkan bahwa tanggal 1 Juni merupakan momen instimewa bagi bangsa Indonesia karena hari ini mengenang kelahiran dasar Negara yaitu Pancasila.


"Pancasila sebagai idiologi dasar Negara memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memelihara keutuhan Negara," ujar Kapolres menjelaskan.


Lanjutnya, Pancasila dengan lima sila yang dimilikinya memberikan pedoman bagi kita sebagai warga Negara dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.


"Lewat momen ini kepada kita semua, diingatkan untuk renungkan kembali dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang untuk kemerdekaan dan kebebasan kita," paparnya.


Kapolres juga mengingatkan setiap warga negara khususnya di Kabupaten Dompu ini agar sungguh-sungguh memaknai hakikat daripada Pancasila sebagai falsafah negara dalam kehidupan sehari-hari.


"Dari Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa hingga Sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia merupakan landasan pokok kehidupan berbangsa dan bernegara," sebutnya.


Untuk itu, pinta Kapolres, pondasi Negara yakni Pancasila penting untuk diterjemahkan serta diimplementasikan secara menyeluruh demi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara Republik Indonesia.


Usai mengikuti rangkaian upacara yang berakhir pada pukul 09.00 wita tersebut, Kapolres bertolak ke Makopolres guna melanjutkan agenda lain sebagai pucuk Komando Tugas di Lingkup Polres Dompu.

SepekanMore