InspirasiLintas NTBMataramPabrik Teh Daun Kelor

Resmikan Pabrik Teh Daun Kelor Terbesar Di NTB, Gubernur Apresiasi CV. Tri Utami Jaya

Monday, January 11, 2021, January 11, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-11T17:32:06Z
Rangkaian acara peresmian, (11/1). Foto: Ist


Mataram, Dompu Siar -
Setelah sekian tahun berkiprah mengolah Daun Kelor menjadi berbagai macam produk berkelas nasional hingga internasional, kini CV. Tri Utami Jaya mendapatkan kehormatan setelah pabrik barunya dinyatakan dibuka secara resmi oleh Orang Nomor 1 (satu) di NTB.

Yah! Pada Senin, 11 Januari 2021, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah pada meresmikan secara langsung Pabrik Teh Kelor milik CV. Tri Utami Jaya, yang berlokasi di BTN Sweta Indah Kota Mataram.

Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB itu mengatakan, "kesejahteraan dan kemakmuran sulit dapat dirasakan oleh sebuah daerah tanpa adanya industrialisasi, sehingga industrialisasi merupakan kebutuhan bagi suatu daerah. "Kita akan begini-begini saja, kalau tidak ada industrialisasi," ujarnya sebagaimana dilansir di laman Facebook Humas NTB.

Dengan hadirnya pabrik teh kelor ini, tentu saja sekaligus menjadi salah satu bukti industrialisasi di NTB dapat tumbuh dan berkembang. Tentu saja perlu didorong dengan berbagai macam terobosan dan kreatifitas.

Pada kesempatan tersebut, Bang Zul tidak lupa memberikan apresiasi CV. Tri Utami Jaya sekaligus mengakui bahwa dengan hadirnya Industri Pengolahan Teh Daun Kelor merupakan angin segar bagi NTB.

Betapa tidak, meski di tengah situasi pandemi, NTB mampu bertahan dan berkembang. 

Tidak hanya itu, hadirnya CV Tri Utami Jaya ini membuktikan bahwa industrialisasi dapat terwujud dan dilakulan oleh siapa saja, termasuk putra dan putri NTB sendiri.

Menurut Bang Zul, hadirnya CV. Tri Utami Jaya merupakan sebuah stimulus dari seluruh akumulasi pengalaman, kesedihan, perjuangan, keringat dan air mata dari sosok seoramg Nasrin H. Muhtar.

Yah! Nasrin, atau pria yang kerap dijuluki Doktor Jamu sekaligus pendiri dari usaha teh kelor itu. Menurutnya, kelor merupakan salah satu tanaman yang menakjubkan yang dimiliki oleh NTB saat ini. Bukan main, di tangan Nasrin, daun yang sebelumnya dianggap hanya bisa dikonsumsi sebagai sayuran, ternyata bisa diolah hingga menjadi berbagai macam produk bermutu dan berkualitas.

"Tanaman-tanaman ajaib, di tangan orang yang tepat, bisa menjelma menjadi komoditas yang sangat mahal," terang Bang Zul.

Lebih jauh, Bang Zul mengatakan, Pemprov NTB telah melakukan berbagai upaya dalam mendorong industrialisasi di NTB, salah satu upaya yakni, pada JPS Gemilang tahap satu, dua dan tiga seluruhnya menggunakan produk lokal. 

Terakhir, mantan Anggota DPR-RI Fraksi PKS itu berharap dengan hadirnya industri teh kelor ini, dapat menghadirkan kesadaran pada petani, sehingga para petani tidak lagi terpaku pada jagung, karena dengan tumbuhan yang lain, Tuhan menghadirkan insentif ekonomi yang tidak kalah besarnya. 

Sebelumnya, rencana peresmian ini sudah jauh-jauh hari dikabarkan oleh berbagai media lokal. 

Sebagaimana ditulis di situs media online Lakey News, jika tidak ada aral melintang, peresmian pabrik teh berbahan baku kelor di NTB akan dilakukan sebelum pertengahan Januari ini.

CV. Tri Utami Jaya bakal meresmikan pabrik teh kelor pertama dan terbesar di Provinsi NTB. Prioritas produk yang diproduksi olehnya berupa produk Jamu dan suplemen kesehatan yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya.

“Insya Allah peresmiannya tanggal 11 Januari 2021 ini,” kata Nasrin H. Muhtar, MM, Owner Tri Utami Jaya (3/1).

Acara peresmian sekaligus pengoperasian pertama kali pabrik teh daun kelor tersebut rencananya akan diresmikan oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah.

Kepastian dan keputusan peresmian dilakukan pada 11 Januari itu pun, menurut Nasrin, diambil setelah dirinya bertemu dengan gubernur beberapa hari lalu.

Menariknya, peresmian pabrik nanti akan dirangkaikan dengan diskusi. “Diskusinya mengangkat tema ‘Industrialisasi Kelor untuk NTB Gemilang’,” sambung Nasrin.

“Peserta diskusi yang dilibatkan, antara lain dari unsur pemerintah, akademisi, pelaku usaha kelor dan petani budidaya kelor,” sambung lelaki kelahiran Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu ini.

Pria kelahiran Malaju, Kilo itu mengaku, pembagunan fisik pabrik sudah kelar dan siap untuk diresmikan.

Hingga di hadapan seluruh undangan yang hadir Senin, 11 Januari 2021 pabrik yang bakal menjadi salah satu kebanggaan dunia industri di NTB akhirnya dibuka oleh Gubernur sendiri. Tentunya momentum ini, sekaligus menjadi sejarah dan harapan baru khususnya bagi CV. Tri Utami Jaya. (DS-SY)

SepekanMore