DompuInfo SportKoni DompuLintas NTBPekan OlahragaSport

Usul Pekan Olahraga Provinsi Digilir, Putra Taufan: Demi Rasa Keadilan

Saturday, March 27, 2021, March 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-27T11:31:30Z
Ketua Koni Dompu, Putra Taufan


Dompu, Dompu Siar - Demi rasa keadilan, Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Dompu, Putra Taufan meminta pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi digelar secara bergilir, Jum'at (26/3/2021).

Hal itu diungkapnya sebagaimana dilansir dilaman rri.co.id, mengingat selama ini, pekan olahraga bergensi se NTB itu digelar di Ibukota Provinsi. 

Pemegang kendali suksesi olahraga Kabupaten Dompu itu mengaku sudah melakukan konsolidasi dengan Koni Kota dan Kabupaten Bima. Semuanya mendukung usulan tersebut.

“Pembicaraan dengan Koni Kota dan Kabupaten Bima, sudah kita lakukan, dan pada dasarnya dua pengurus Koni itu, sepakat,” ungkap Taufan.

Saat ini, lanjutnya, tinggal menunggu kesediaan dan dukugan dari Pemerintah Daerah dan DPRD. Untuk Kota dan Kabupaten Bima, kebetulan ketua Koni adalah unsur pemerintah. 

"Kota Bima misalnya, jabatan Ketua Koni dipegang Wakil Walikota, sementara untuk Kabupaten Bima, dipegang Bupati Bima," jelas Taufan.

Dua daerah itu, kata Taufan, juga tinggal menunggu persetujuan DPRD. Sementara untuk Kabupaten Dompu, Koni sudah melakukan pendekatan ke Pemerintah Daerah dan DPRD. Apalagi, saat ini banyak ketua Cabor yang merupakan anggota DPRD Dompu.

“Saya optimistis kalo Dompu akan disetujui, tinggal bagaimana Provinsi saja, mau apa tidak. Sebelumnya kami selalu ke Mataram, sesekali lah gantian orang Lombok yang ke Dompu dan Bima,” harapnya.

Menyangkut sarana pendukung gelaran olah raga empat tahunan itu, menurut Taufan, tiga daerah ini sudah memiliki sarana yang memadai. 

"Nantinya, ketiga daerah ini akan saling melengkapi jika dari tiga daerah ini, tidak memiliki sarana dan prasarana. Selain itu, nantinya ada pembagian lokasi pertandingan," terang Taufan.

Taufan juga mengaku sudah mengutarakan usulan itu pada orang Nomor Dua di Kabupaten Dompu. H. Sahrul Parsan, Wakil Bupati Dompu, mendukung penuh upaya ini. Selain untuk memberi semangat kepada atlet-atlet Dompu, juga ajang ini untuk mengenalkan Dompu lebih banyak lagi. 

"Dukungan itu, tidak mesti dengan anggaran kan. Karena anggaran kita saat ini masih minim,” katanya.

Namun, tambah Taufan, jika nantinya ada restu dari Pemerintah Provinsi, dipastikan akan dialokasikan dari APBD untuk kegiatan event itu. 

"Apalagi, untuk dunia oleh raga, Kabupaten Dompu, banyak yang mampu menembus kancah nasional bahkan sebagian cabor mampu menembus Sea Games," pungkasnya. (Ma/Imr/RRI.CO.ID)

SepekanMore