Iklan

Bupati DompuDompuIdul FitriKader JaelaniPemda Dompu

Beri Sambutan Idul Fitri Perdana 1442 H, Bupati Kader Jaelani 'Warning' Pentingnya Hal Ini

Dompu Siar
, Wednesday, May 12, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-13T04:01:22Z
 Beri Sambutan Idul Fitri Perdana 1442 H, Bupati Kader Jaelani 'Warning' Pentingnya Hal Ini


Dompu, Dompu Siar - Menyampaikan sambutan saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, Bupati Dompu, Kader Jaelani ingatkan Jema'ah agar mensyukuri nikmat dan rahmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT, Rabu (13/5/2021) sekira pukul 07.00 Wita.

Di antara berkah yang dikaruniakan itu antara lain, naiknya harga komoditi jagung hingga mencapai puncaknya Rp. 5.200 per kilogram. 

Dengan demikian, Bupati Dompu mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak lupa mengeluarkan zakat, infak dan sedekah di samping untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

"Allahu Akbar 3x .. Allahu Akbar Walillaahil Hamd," mukaddimah Bupati membuka sambutannya jelang pelaksanaan Shalat Ied di Lapangan Beringin, Pandopo Bupati Dompu di Dompu.

Pada kesempatan yang mulia itu, Bupati sempat menghimbau meskipun harga jagung membaik dan relatif tinggi, masyarakat diminta agar tidak melakukan aktifitas pembukaan lahan baru.

"Seiring membaiknya harga jagung, tidak menutup kemungkinan adanya kegiatan pembukaan lahan baru," ungkap Bupati.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama seluruh elemen masyarakat.

"Langkah koordinasi, komunikasi dan antisipasi akan terus kami digelar. Namun, itu semua tidak maksimal tanpa dukungan dan kerja sama dari elemen masyarakat untuk melarang saudara dan keluarganya agar tidak melakukan kegiatan pembukaan lahan baru," jelasnya.

Di samping jagung, bupati juga mengaku akan serius memperhatikan dan mengupayakan agar komoditi lain seperti gabah, juga mendapatkan harga maksimal.

"Padi, Ikan dan komoditi lainnya juga agar dapat harga yang baik," ujarnya.

Untuk menopang semua itu, terutama juga berkaitan dengan Program Unggulan, Jara Pasaka, Bupati juga berkomitmen untuk memaksimalkan peran BUMD dan Perumda untuk menopang perekonomian Daerah. 

"BUMD dan Perusda harus menjadi ujung tombak pertumbuhan usaha agrobisnis, produksi bahkan ekspor yang berkelanjutan," papar Bupati.

Pada kesempatan yang baik itu pula, Bupati kembali mengajak untuk flash back pada bencana alam banjir yang menghantam wilayah Kecamatan Hu'u beberapa waktu lalu. 

Meskipun sudah dan sedang dalam penanganan, revitalisasi, reorientasi, namun, lagi-lagi Bupati mengajak semua agar bersama menjaga kelestarian alam agar tidak lagi tertimpa bencana. 

"Kita sudah punya program Dompu Berjasa, Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat. Dengan program tersebut, kita dapat memulai membenahi kembali hutan dan lingkungan yang rusak di Bumi Nggahi Rawi Pahu yang kita cintai ini," tandas Bupati.

Menutup sambutannya, Bupati meminta kepada Baznas agar dapat menyalurkan zakat secepatnya.

"Dengan zakat, semoga dapat meringankan dan membantu satu sama lain. Semoga Daerah kita Kabupaten Dompu menjadi daerah yang baldatun thoyibatun wa rabbun ghafur, Taqabbalallahu Minkum," tutup Bupati. 

Untuk pelaksanaan Shalat Ied 1442 H kali ini, yang bertindak selaku Imam, H. A Rifaid S.Sos. Sementara Imam, Drs. H.M Nasuhi, M.Si. Sedangkan pemandu, Alimudin, S.Ag. (Hd)

SepekanMore