AspirasiDesa SoroDesa WisataKempoPariwisataWisata Dompu

Nisa Pudu, Spot Wisata Snorkeling Hingga Prewedding, Terlalu Indah Untuk Dilupakan

Friday, August 20, 2021, August 20, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-21T02:14:48Z
Nisa Pudu, Spot Wisata Snorkeling Hingga Prewedding


Kempo, Dompu Siar - Di mana-mana, Spot Wisata merupakan salah satu tujuan para Turis datang ke suatu negara atau daerah! Baik turis domestik, hingga manca negara berburu kenikmatan dan keindahan bahkan kenangan. 

Di samping itu, bahkan tak tanggung-tanggung para turis ada yang memboyong kerabat keluarga, sekedar untuk refreshing, lepas penat, usai menjalani rutinitas pekerjaan.

Di sisi lain, keberadaan spot wisata juga dapat dijadikan tempat dan kesempatan serta peluang untuk mengeruk rupiah bagi peramu jasa dan usaha.

Tak pelak, mereka yang tinggal di sekitar spot wisata laut, seperti di sekitar Nisa Pudu, beberapa kilo meter dari pesisir barat Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, biasanya menyiapkan sampan atau perahu untuk alat transportasi wisata.

Ada juga kelompok pemuda, biasa menyiapkan peralatan dan sarana untuk snorkeling, bahkan alat memancing serta peralatan pukat ikan untuk turis yang biasa datang melancong.

Pernah, dikisahkan oleh salah seorang sahabat, namanya Suharyanto Prasetyo, pada awak media ini menyebutkan, "Nisa Pudu itu bagus untuk snorkeling hingga prewedding, tapi itu dulu," ujarnya.

"Malangnya, Nisa Pudu kini seperti anak yatim, tak ada lagi yang datang, tak ada yang mau asah, asih, tak ada yang mengasuh," keluhnya.

Mungkin objek wisata yang menyerupai Raja Ampat di Papua adalah kepulauan ini. Secara, spot ini tidak hanya Nisa Pudu. Melainkan, ada beberapa pulau kecil lain di sekitarnya.

Spot Wisata Nisa Pudu

Keindahan pulau ini tak diragukan lagi. Keberadaanya, dijamin mampu memberi arti dan makna serta pengalaman 'tour' yang mengesankan.

Nisa Pudu, terletak di Teluk Saleh Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu Propinsi NTB. Jika kita berdiri di alun-alun Tanjakan Nanga Tumpu, Manggelewa, hadap ke arah terbenamnya matahari, kelihatan pulau mungil di tengah laut itu.

Di situ pula, tampak pasir putih, agak pink, mengelilingi sebagian besar pulau dan juga batuan hitam dengan air yang tenang cukup aman sebagai daerah pariwisata.

Potensi ini justru belum terkelola secara maksimal.
Akses menuju Pulau Nisa Pudu yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan perahu motor dari Dermaga Desa Soro, Kempo, dengan biaya sangat terjangkau, tersedia beraneka ragam pilihan jajanan kuliner lokal, seperti Roti Soro yang terkenal itu.

Nisa Pudu, Spot Wisata Snorkeling Hingga Prewedding

Di Nisa Pudu, di sana baru ada satu unit bangunan semi permanen yang sempat dibangun oleh warga beberapa tahun silam, tapi kondisinya sudah tak terawat.

"Karena sudah lama ditinggalkan, kondisinya sudah rusak," tandas Suharyanto.

Namun, lanjutnya, pilihan lain sebagai tempat berteduh banyak, antara lain pepohonan, di pinggir pantai, tenda yang di bawa sendiri, "bila perlu datang ke sana untuk camping bareng pasangan atau keluarga," pungkasnya. (Tim)

SepekanMore