Iklan

BimaBudayaMada PanggaPertanian

Bali Karawo, Tradisi Tahunan Warga Desa Rade, Kabupaten Bima, Jelang Musim Tanam

Dompu Siar
, Thursday, September 30, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-01T04:22:29Z
Sejumlah warga Desa Rade, berkumpul usai melaksanakan kegiatan pengusiran hama tikus atau yang biasa disebut 'Bali Karawo



Bima, Dompu Siar - 'Baka kadaki atau 'Bali Karawo, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Usir Tikus, adalah muatan kearifan lokal yang masih dirawat oleh masyarakat Bima lebih khusus masyarakat Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, hingga saat ini. 


"Tradisi ini, lazim dilaksanakan sebelum mengawali musim tanam di musim penghujan ini, dalam kepercayaan 'Dou Mbojo' (Orang Bima) diyakini bisa mengurangi serangan hama tikus, Musu Karawo," ujar H. Abas M. Saleh, Jum'at (1/10/2021) pagi pada awak media ini.


Pada pelaksanaannya, 'Baka Kadaki' dimulai seusai Shalat Subuh, serentak warga menyisir mulai perkampungan menuju ke sawah, menggunakan Saweba (alat tradisional, pen) dengan titik kumpul terakhir di Doro Wadu Udu, So Sera Mananti, Desa Rade, So berarti area persawahan atau ladang.


"Kegiatan Baka Kadaki ini rutin dilaksanakan hampir setiap tahun, di awal musim tanam dan di laksanakan tepatnya Hari Jum'at yang di sepakati para sesepuh dan tokoh agama yang ada di desa," lanjut H. Abbas.


Pantauan langsung awak media ini, Desa Rade dengan jumlah 5 Dusun 18 RT dibagi menjadi beberapa rute dusun 1, diawali di So Tolorade, sementara Dusun 2 mengambil rute pertama di So Tolokara.


"Sedangkan, dusun 3 di awali di So Tolo Lebo, dusun 4 di awali So Tolosera dusun 5 di awali di So Seratangga dan bertemu di titik terakhir di Wadu Udu So Seramananti," terangnya.


Hampir seluruh masyarakat Desa Rade, mulai dari tokoh agama, tua muda, laki perempuan, bahkan anak-anak kompak mengikuti tradisi unik ini, yang dirangkai dengan acara do'a bersama yang diyakini sebagai tempat terakhir sarangan hama tikus. 


Di kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Rade, Amirudin, S.Pd, mewakili Kepala Desa, Atfa, S.Pd.i dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tradisi 'Baka Kadaki ini merupakan kegiatan yang harus tetap di jaga kelestariannya.


"Bahkan pemerintah desa akan memprogramkan secara khusus agar tradisi ini, rutin dilaksanakan setiap tahunnya," ujar Amirudin.


Ia juga tidak lupa menyampaikan Ucapan terima kasih, kepada seluruh masyarakat Desa Rade sudah berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan ini. (War)

SepekanMore