Iklan

Dikpora DompuForum PAUD DompuGerakan LiterasiPaud DikmasPendidikan

Dorong Masyarakat Giat Baca, Dikpora Dompu, Akan Menggelar Workshop hingga Gebyar GIM

Dompu Siar
, Friday, October 15, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-16T03:47:26Z
Foto: Google Image



Dompu, Dompu Siar - Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, melalui Bidang Paud Dikmas dalam waktu dekat ini akan menggelar Workshop Penyusunan Naskah Rencana Induk Pengembangan Literasi Masyarakat, Tahun 2021-2025 hingga Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM).


Untuk mensukseskan gelaran tersebut, berbagai persiapan tengah dirancang, antara lain menyusun kepanitiaan, pemantapan rencana induk, termasuk mempersiapkan pencanangannya oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani.


Di samping itu, kegiatan ini juga akan melibatkan beberapa OPD, pegiat literasi dan stake holders terkait, seperti Dinas Perpustakaan, Dinas Kominfo, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), Forum PKBM, Pegiat Literasi; PT. STM dan media massa.


Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Plt. Drs. H. A. Rifaid, M.Pd., melalui Kepala Bidang Paud Dikmas, Muhammad Sadik, S.Pd., mengungkapkan sasaran kegiatan ini meliputi masyarakat, hingga ke sekolah-sekolah formal.


"Beberapa model kegiatan juga kita tawarkan, seperti Desa Baca, Taman Baca, bahkan kita arahkan sekolah-sekolah dari PAUD, SMP sampai SMA untuk menghadirkan sudut baca," ungkap Sadik saat memimpin Rapat Koordinasi di ruang kerjanya, Kamis (14/10/2021) pagi.


Rapat Koordinasi di ruang kerja Bidang Paud Dikmas, Dikpora Dompu, Kamis (14/10/2021)


Sadik juga menjelaskan, model-model kegiatan tersebut nantinya akan dibuatkan run down yang mana kegiatan tersebut akan digelar di mulai pada pekan ke depan ini.


"Selanjutnya, lewat gebyar itu, pencanangannya dilakukan oleh Bupati Dompu, termasuk di dalamnya ada kegiatan Donasi buku yang dirangkai dengan kegiatan Pameran Buku," jelas Sadik.


Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Kurikulum, Bidang PAUD Dikmas, Muhammad Ihsan, S.Ag., yang menekankan peranan masing-masing OPD terkait guna mensukseskan salah satu program Nasional yang masuk dalam agenda penting Pemerintah Daerah.


"Ada 4 poin yang perlu direalisasikan dalam perencanaan ini, antara lain Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Literasi untuk 5 tahun ke depan, workshop, publikasi dan pencanangan gebyar Gerakan Indonesia Membaca," tutur Ihsan saat mendampingi Kabid Paud Dikmas dalam Rakor Persiapan Kegiatan di tempat yang sama.


Untuk diketahui, kegiatan Workshop hingga Gebyar Gerakan Indonesia Membaca ini dalam rangka mendorong partisipasi berbagai elemen masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat itu sendiri.


Sesi Foto usai Rakor Persiapan Gerakan
Indonesia Membaca


Turut hadir saat rapat koordinasi di ruang kerja, Kepala Bidang Paud Dikmas, Dikpora Kabupaten Dompu, antara lain Kasi Peserta Didik, Paud Dikmas, M. Basuki Rahmat, SE., Keterwakilan PT. STM Hu'u, Muhammad Iswahdan, Keterwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Marita Widya.


Hadir pula, Ketua IGTKI Kabupaten Dompu, Sarafiah, S.Pd., Kanvas Kabupaten Dompu, Burhanudin, S.Pd, M.Pd., Ketua Forum TBM, Ruslin, M.Si., Anggota Forum PKBM, Hairul, S.Pd., Pimpinan MIO Kabupaten Dompu, Sarwon Al Khan, S.Sos., serta Pegiat Literasi, Musmulyadin, S.Pd,. (Red)

SepekanMore