EdukasiPendidikanSupervisiUPTD

Pengawas UPTD Manggelewa, Membina Para Guru melalui Supervisi

Wednesday, October 27, 2021, October 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-27T07:36:46Z
Moment Supervisi Pengawas di SDN 14 Manggelewa
(Foto: Ist/Far)



Manggelewa, Dompu Siar - Pengawas Pendidikan UPTD Dinas Dikpora Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu H. Ahmad Tirmizi, M.M.Pd, Syaiful Bahri, S.Pd dan M.Kasim, S,Pd melaksanakan tugas rutinnya dengan melakukan Supervisi Akademik Administrasi Kelengkapan Perangkat pembelajaran Semester 1 (Satu) disekolah SDN N0. 14 Manggelewa, Rabu (27/10/2021). Sekitar Jam 09.00 Wita.


Masa Pandemi Covid-19 membuat perubahan pada sistem pembelajaran. Perubahan sistem pembelajaran menyebabkan kegiatan pembelajaran dan pola supervisi yang dilaksanakan supervisor harus disesuaikan dengan pembelajaran di masa pandemi.


Dalam sambutanya Pengawas Pembina, M. Kasim, S.Pd, menekankan bagaimana merancang pembelajaran yang memerdekakan yakni, pandangan pengajaran sebagai interaksi antar pelaku pembelajaran akan ditawarkan dalam membangun sistem pembelajaran yang maksimal.


"Maksud dan tujuan supervisi kami adalah untuk memonitor kegiatan pembelajaran selama pandemi covid-19 dan untuk memastikan kegiatan belajar siswa tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," kata M. Kasim.


Lanjutnya, selaku pengawas pembina ia mengaku selalu memantau aktifitas guru yang berada dalam binaannya, baik menggunakan teknologi maupun manual.


Di waktu yang bersamaan Saiful Bahri, S.Pd, dalam keterangannya menyebutkan, dengan supervisi ini kepala sekolah dan Guru-guru sekolah dapat mengidentifikasi permasalahan dan kendala yang timbul selama Proses pembelajaran. 


"Yaitu Identifikasi permasalahan yang ada agar dapat segera diatasi, juga sebagai tindak lanjut untuk mengatasi permasalahan selama pembelajaran di situasi seperti ini," ungkapnya. 


Lebih lanjut Saiful menyampaikan, Kepala sekolah membuka ruang diskusi dan konsultasi baik melalui daring ataupun tatap muka secara masif.


"Dengan membuka ruang konsultasi dan diskusi diharapakan guru dapat mengelola pembelajaran secara optimal," harapnya.


Di kesempatan yang sama pula, H. Ahmad Tirmizi, M.M.Pd selaku Pengawas Pendidikan menambahkan, selain kunjungan dalam melaksanakan pemantauan kinerja secara langsung.


Hal ini sambungnya, juga dilakukan untuk memastikan secara langsung  kepada Guru dan Siswa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah.


Kegiatan Supervisi Pengawas UPT Manggelewa
(Foto: Ist/Far)


"Dirinya juga menghimbau kepada semua Guru dilingkungan SDN N0.14 Manggelewa untuk tetap bekerja maksimal, dan tetap semangat dalam mendidik anak bangsa dan tetap selalu menerapkan Protokol Covid," tuturnya. 


Sementara itu, Kepala Sekolah SDN N0.14 Manggelewa, Sri Endang Kasmita, S.Pd.SD, memberikan apresiasi dan penyampaian rasa terima kasih, terutama pada Pengawas Pendidikan yang berkenan hadir membekali para guru di sekolahnya.


"Saya selaku Kepala Sekolah menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Pengawas, karena lewat kesempatan ini sudah memberikan bimbingan, saran dan motivasi kepada Guru-guru kami," ujar Sri Endang.


Ia berharap lewat kesempatan yang baik itu, semoga para pendidik khusunya guru-guru SDN 14 Manggelewa mendapatkan ilmu dan termotivasi sehingga mampu meningkatkan taraf Pendidikan lebih maksimal baik secara Akademik maupun Manajerial. (Far).

SepekanMore