BimtekDikpora DompuPaud DikmasPendidikanSekdis Dikpora DompuTK Pembina

Dampingi Bimtek Peningkatan Mutu PAUD di Manggelewa, Dikpora Dompu Tekankan Hal Ini

Thursday, January 6, 2022, January 06, 2022 WAT
Last Updated 2022-01-07T01:17:10Z
Suasana Bimtek Peningkatan Mutu Paud
di TK Pembina Manggelewa (Foto: Doc)



Manggelewa, Dompu Siar - Dikpora Dompu melalui Bidang Paud Dikmas, menghadiri kegiatan Pendampingan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertempat di Aula TK. Pembina Manggelewa, Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Rabu (6/1/2022) sekitar pukul 10.00 Wita.


Turut hadir saat kegiatan, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Dwi Erza Surya Darma, M.Si didampingi Kabid PAUD Dikmas, Muhamad Sadik, S. Pd bersama Kasi Kurikulum, Muhammad Ihsan, S.Ag.


Di hadapan Ibu-ibu Pengelola TK dan Paud se Kecamatan Manggelewa, Pria yang akrab di sapa Bang Erza memberikan dukungan moril atas kiprah para pengelola PAUD dan TK agar lebih meningkatkan semangat terutama dalam menghadirkan kreativitas saat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) lewat kegiatan pendampingan ini.


"Para pengelola tentunya perlu menghadirkan inovasi dan kreativitas untuk anak guna meningkatkan mutu dan kualitas anak didik," kata Bang Erza sekaligus membuka pelaksanaan kegiatan.


Suasana Bimtek Peningkatan Mutu Paud
di TK Pembina Manggelewa (Foto: Doc)


Sementara itu, Kabid Paud dan Dikmas, Muhammad Sadik dalam penyampaiannya menekankan pentingnya 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan Lembaga PAUD sehingga harapan Paud yang berkualitas dapat tercapai.


Sadik menjelaskan, 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan bagi Satuan PAUD sangatlah penting dalam mewujudkan mutu pendidikan, karena indikator tercapainya mutu satuan pendidikan tergantung pada mewujudkan 8 SNP ini.


"Pemetaan mutu penting dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat, pemerintah berkewajiban untuk menjamin, mengawasi, membina satuan PAUD agar memberikan layanan sesuai dengan standar yang ada," urainya.


Lanjut Sadik, dengan tercapainya 8 standar pendidikan ini kami berharap satuan PAUD dan Dikmas semakin layak sebagai penyelenggara program pendidikan PAUD dan PNF yang ada di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Manggelewa.


Searah seperti disampaikan oleh Kabid Paud Dikmas, Kasi Kurikulum Muhammad Ihsan lebih menekankan pada penguasaan sistem pengaplikasian Dapodik pada peserta yang hadir.


Suasana Bimtek Peningkatan Mutu Paud
di TK Pembina Manggelewa (Foto: Ist)


"Terutama para pengelola, penting untuk menguasai, mengontrol serta mengetahui data Peserta Didik dan lainnya melalui aplikasi dapodik masing-masing lembaga, ini sebagai fungsi kontrol yg dilakukan pengelola, agar data yang dimiliki terjamin valid dan dapat dipertanggungjawabkan" jelas Ihsan.


"Data peserta didik, data kelembagaan dan lain-lain itu tergantung data yang diinput oleh Lembaga PAUD melalui aplikasi Dapodik masing-masing, Dinas Dikpora dan Kementerian Pusat itu hanya menindaklanjuti sesuai dengan data yang diinput itu," ungkap Ihsan.


Diakhir penyampaiannya Ihsan juga berharap pada lembaga-lembaga Paud yang ada agar Tahun 2022 ini mampu menghadirkan perubahan menuju arah yang lebih profesional dan memiliki kualitas.


"Sudah saatnya lembaga-lembaga ini berubah, terutama dalam hal administrasi, tata kelola karena saat ini, proses pelaksanaan kegiatan pendidikan pada semua lembaga sudah diatur by sistem, tidak lagi manual seperti dulu," pungkasnya. (Far)

SepekanMore