Iklan

BabinkamtibmasBabinsaInspirasiKenakalan RemajaPelajar

Demi Pelajar, Dua Anggota TNI-Polri ini Kompak Jadi 'Guru' di SMPN 7 IT Dompu

Dompu Siar
, Wednesday, October 19, 2022 WAT
Last Updated 2022-10-19T12:46:42Z
Sertu Amril, Bripka Heri Kuswanto didampingi Dewan Guru, tengah sosialisasi terkait kenakalan remaja di dalam Kelas, di SMPN 7 IT Dompu
(Foto: Ist/Dompu Siar) 


Dompu Siar - Berdiri di depan kelas, dengan sikap gagah dan berwibawa, dua aparat TNI-Polri masing-masing Bripka Heri Kiswanto dan Sertu Amril tampak 'kompak' seperti guru yang tengah mengajar murid di SMPN 7 IT Dompu pada Rabu (19/10/2022) siang waktu setempat.


Hal yang mendorong Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kandai Satu hadir di sekolah di temani dua dewan guru itu rupanya demi bertatap muka, silaturahim, membangun kedekatan emosional, sekaligus untuk mengedukasi siswa dan siswi (pelajar) di tengah maraknya kenakalan remaja akhir-akhir ini.


Di hadapan para murid, Bripka Heri Kuswanto menghimbau para murid sebagai generasi penerus, agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri dan masa depannya sendiri.


"Akhir-akhir ini, sering terjadi tawuran antar pelajar, narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, balapan liar dan yang paling memprihatinkan lagi bahwa sekarang kejahatan banyak dilakukan oleh anak-anak dibawah umur," ujar Heri Kuswanto.


Selain itu, Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan-pesan tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) apalagi mengarah ke kriminal, sebab jika terlibat dengan kriminal otomatis nama para peserta didik tentu tercoreng di mata hukum.


"Tidak perlu melakukan tindakan kriminal, karena itu tidak ada keuntungan sama sekali, justru merugikan kita sendiri dan juga keluarga kita, kalau nama kalian sudah tercoreng di mata hukum, otomatis kalian mau ikut tes polisi atau TNI kecil kemungkinan akan diterima," imbuhnya.


Di tempat yang sama, Babinsa Sertu Amril juga menghimbau agar dalam pergaulan hendaknya bisa memilih kawan yang bisa untuk memacu kecerdasaan dalam belajar maupun kegiatan yang positif supaya menjadi kebanggan orang tua.


"Fokuslah belajar dengan giat agar cita-cita yang kalian inginkan bisa tercapai maka dari itu teruslah semangat belajar jangan kendor, ingat masih banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik dan lebih pintar dengan belajar," motivasi Sertu Amril.


"Tetap mengikuti apapun yang disampaikan oleh guru dan menaati segala aturannya, kalian juga harus disiplin jangan bolos, jangan buat onar, kalian adalah calon pemimpin masa depan," lanjut Sertu Amril.


Sementara itu, Kepala SMPN 7 IT Dompu, H. Hasan, S.Pd menyampaikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Kandai Satu karena sudah memberikan edukasi terhadap siswa dan siswinya, dan berharap kegiatan semacam itu tetap diadakan.


"Luar biasa kinerja Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kandai Satu, kami selaku kepala sekolah sangat berterimakasih, semoga kegiatan silaturahmi dan sosialisasi seperti ini terus berlanjut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan sekolah," ucap Kepala SMPN 7 IT Dompu.


Terpisah, diakui keduanya, baik Bripka Heri maupun Sertu Amril, bahwa kegiatan dalam bentuk sosialisasi Door to Door Sistem (DDS) seperti itu akan terus digalakkan. Hal itu dilakukan semata-mata demi mencegah kenakalan remaja yang kerap muncul di tiap-tiap sekolah. (Tim)

SepekanMore