Desa MumbuDesa WisataPilkadesPilkades 2021Woja

Insya Allah, Jika Irwan Terpilih, 5 Hal Ini Akan Ada Di Desa Mumbu

Monday, May 31, 2021, May 31, 2021 WAT
Last Updated 2022-04-22T03:32:13Z
Irwan, S.Hi., Calon Kepala Desa Mumbu
Periode 2021-2026, Nomor Urut. 1

 

Woja, Dompu Siar - Dalam beberapa hari ke depan, 16 Desa Se Kabupaten Dompu akan menggelar perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2021 secara serentak.


Berbagai persiapan tengah diupayakan tidak hanya oleh panitia penyelenggara, lebih-lebih oleh seluruh kontestan untuk menghadapi pesta demokrasi 5 (lima) tahunan, yang akan digelar pada Kamis, 17 Juni 2021 mendatang.


Termasuk Irwan, S.Hi., dengan mengantongi Nomor Urut 1 (satu), dirinya akan bersaing dengan 3 (tiga) kandidat lainnya merebut hati dan dukungan masyarakat untuk mendapatkan kursi nomor satu di Desa Mumbu, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.


"Insya Allah, saya siap lahir bathin," kata Irwan saat ditemui awak media ini di kediamannya, Minggu (30/5/2021) sekira pukul 17.00 Wita.


Perihal yang melatari dirinya ikut kontestasi, lanjut Irwan, semata-mata ingin mengabdi untuk mencapai masyarakat Desa Mumbu yang Mandiri, Bermartabat dan Profesional (Mantap). 


Irwan, S.Hi., Calon Kepala Desa Mumbu
Periode 2021-2026, Nomor Urut. 1



"Sebagai desa yang memiliki banyak potensi untuk dikelola dan diberdayakan, saya yakin Desa Mumbu mampu bersaing dengan desa lainnya. Bahkan bisa jauh lebih maju dan terkenal," tutur pria dengan perawakan kekar ini.


Irwan mengungkapkan, dengan kesiapan anggaran yang ada, seperti DD/ADD yang cukup besar, ditambah dengan Pendapatan Asli Desa (PADes) apabila digerakkan, wajah Desa Mumbu sudah seharusnya menuju perubahan yang lebih maju.


"DD/ADD Desa Mumbu, kan cukup besar, bayangkan anggaran mencapai 2.2 Miliar pertahun, tentu banyak hal yang bisa kita perbuat, bisa kita bangun, dan bisa kita wujudkan," tandasnya.


Oleh karena itu, berbekal pengalaman sebagai pengusaha dan LSM, maka dengan kesiapan anggaran yang relatif besar, Irwan bercita-cita ingin hadirkan 5 (lima) hal ini di Desa Mumbu.


Contoh, Konsep Eko Wisata atau Hidro Wisata Ala Cakades Mumbu, Irwan, S.Hi., Nomor Urut 1


1. Desa Ramah Wisata


Untuk menggerakan perekonomian masyarakat, membuka lapangan kerja, meningkatkan PADes, Irwan sangat berkeinginan menggerakkan sektor wisata yang ramah di Desa Mumbu.

"Kita kan ada embung, aliran sungai juga lancar yang mengalir sepanjang tahun. Itu bisa kita hadirkan wisata ramah lingkungan dan ramah sosial di desa ini," ungkap Irwan.


2. Lumbung Desa 


Untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat di sektor pertanian, Irwan bercita-cita ingin membangun Lumbung Desa lengkap dengan kedai pertanian, hingga tempat jemuran untuk komoditi pertanian.


"Nanti, lumbung desa itu akan dikelola oleh Bumdes secara profesional. Bumdes nanti bisa memfasilitasi petani yang ingin menjual hasil pertaniannya. Sementara di kedainya, akan disiapkan bibit-bibit unggul, obat-obatan yang murah sesuai kebutuhan. Bila perlu kita buatkan tempat untuk jemur padi, jagung, bawang dan lainnya," jelas Irwan.


3. Tiga Jalan Penggerak


Salah satu faktor penunjang kelancaran arus perekonomian masyarakat, menurut Irwan, yakni tersedianya infrastruktur jalan yang memadai, bebas dari hambatan dan kendala serta akses dari yang jauh bisa semakin dekat.


"Jika saya terpilih nanti, saya bercita-cita ingin membuka dan memperbaiki akses jalan ekonomi, terutama jalan di So Mumbu, So Mada Fanda serta di So Rasa Na'e. Ini akan jadi program prioritas saya nantinya," komit Irwan.


Sebab, menurutnya akses jalan yang disebutkan itu merupakan jalan penggerak perekonomian terutama di sektor pertanian dan sektor tambak (perikanan) yang ada di desa ini.


4. Mumbu Bersinar


Irwan juga mengungkapkan keinginan besarnya, untuk memasang Lampu Penerangan baik di sepanjang Jalan Lintas hingga ke gang-gang yang Desa Mumbu.


"Tidak hanya jalan yah, di gang-gang itu juga tidak hanya dirabat. Bila perlu kita pasang lampu agar, Desa Mumbu tampak bersinar malamnya," tekad Irwan.


5. Sanggar Kegiatan Pemuda


Di samping sarana olahraga, tambah Irwan, anak-anak muda juga butuh tempat untuk menyalurkan keinginan, minat dan bakatnya yang lain. 


"Sanggar itu bisa mereka pakai untuk pertemuan, untuk adik-adik mahasiswa. Bisa juga kita buatkan lapangan bulu tangkis, takraw dan lainnya. Kita kan ada karang taruna, mereka nanti mengatur," terang Irwan.


Sebenarnya, tambahnya lagi, banyak hal yang ingin dia wujudkan semata-mata untuk warga masyarakat Desa Mumbu.


Untuk itu, harapnya, pada perhelatan Pilkades Serentak nanti, Irwan dapat terpilih sebagai Kepala Desa Mumbu melalui legitimasi dan Suara Terbanyak. 


Sehingga cita-cita dan keinginan besar untuk memajukan Desa Mumbu yang MANTAP dapat terwujud. (Hd)

SepekanMore