Mereka Berbicara 'Yes Or Not', Untuk Sosok Calon Ketua KNPI Dompu Ke Depan, Siapakah Dia?

Mulyadin Abdillah, Praktisi Media


Dompu, Dompu Siar - Menahkodai pemuda apalagi secara organisatoris seperti KNPI, khususnya yang ada di Kabupaten Dompu, sangat tidak diharapkan diambil alih oleh sosok yang egaliter, arogan, feodalis, pragmatis, bahkan cenderung eksklusif.

Mengingat generasi yang dimiliki oleh Bumi Nggahi Rawi Pahu saat ini merupakan putra putri terbaik dengan daya pikir dan daya kritis yang tidak boleh dianggap remeh.

Hal itu diutarakan oleh salah satu Praktisi Media sekaligus Editor Media Independen Online Dompu Siar, Mulyadin Abdillah, menanggapi issue bursa bakal calon pimpinan KNPI Dompu yang saat ini menjadi perbincangan hangat di kalangan social media hingga kedai kopi di wilayah Kabupaten Dompu.

"Tidak sedikit putra putri Dompu saat ini sudah mampu tampil kritis dengan kapasitas, kapabilitas dan responsibilitas yang cakap dan fokal," ujar pria yang memiliki nama lengkap Musmulyadin, S.Pd., pada awak media ini.

Menurutnya, pemuda dengan sense of belonging dan sense of mutual and loyalities, sangat tidak komparatif jika dipimpin oleh nahkoda yang cenderung tertutup, egaliter, arogan, feodalis, juga pragmatis.

"Teman-teman muda ini, kan cenderung berkelompok dengan citra dan warna serta pembawaan yang beragam. Makanya butuh pemimpin yang bisa connect dengan dinamika kekinian, terbuka, luwes, tidak kaku dan bersahabat," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia melihat, pemuda hari ini rata-rata sudah mulai mengeksplore kemampuan inovasi dan kreatifitas masing-masing manakala mereka berkumpul dan berpendapat sesuai bidang masing-masing.

"Menyadari hal itu, tinggal yang mereka butuhkan antara lain, keberpihakan, dukungan, inspirator. Mereka juga butuh wadah untuk menyampaikan aspirasi, mendukung serta memfasilitasi mimpi dan keinginan mereka," jelasnya.

Singkatnya, Dari Nama Yang Mencuat Di Permukaan, Siapa Yang Direkomendasikan?

Jika dilihat dari yang paling banyak dibicarakan saat ini, juga dari penilaian pribadi, ada yang nama akun facebooknya Muhammad Redo Iradat sepertinya mampu menjalankan amanah serta harapan Pemuda Dompu untuk ke depannya.

"Kalau dia, Saya Yes," pungkasnya.

Muhammad Iradat, S.Gz. Kandidat Bakal
Calon Ketua KNPI Kabupaten Dompu


Terkait sosok yang memiliki nama lengkap, Muhammad Iradat, S.Gz., ini, beberapa pemuda pelosok yang berhasil dihubungi oleh awak media ini, melalui sambungan selulernya. Dalam testimoninya menyebutkan, antara lain.

Taufik, Tokoh Pemuda Kilo

"Saya kenal baik dengan beliau. Saya Yes!" ujar Taufik.

Opik mengisahkan, sosok pria yang kerap disapa Dae Redo itu pernah beberapa kali mengisi kegiatan pemuda di Kecamatan Kilo.

"Beberapa kali dia diundang saat kegiatan pemuda sebagai nara sumber, di Kilo. Track recordnya banyak," tutur pria yang akrab disapa Opik ini.

Muhammad Fatahullah, Tokoh Pemuda Kempo

"Pertama kali kenal beliau saat kegiatan Tambora Menyapa Dunia (TMD) 2018 silam," ungkapnya. 

Saat itu, lanjutnya, saya dan kawan-kawan pengurus objek wisata Sarae Nduha, sedang berhadapan dengan sampah usai kegiatan. 

"Namun, beliau (Muhammad Iradat, red) tidak hanya ikut membantu bersihkan sampah. Bahkan kami dikasih sumbangan untuk membeli makanan dan minuman untuk kegiatan," ujarnya.

Beliau, tambahnya, dikenal sebagai figur yang humble, lembut tapi tegas, tidak memandang latar belakang. Setiap kegiatan, kalau diundang, wajib beliau hadir.

"Jelas, untuk Dae Redo, Yes," imbuhnya.

Iwan Setiawan, Tokoh Pemuda Pekat

"Saya, Yes! Meski sebenarnya saya tidak terlalu dekat dengan beliau. Saat itu, kami bertemu dalam satu kegiatan kepemudaan di Kecamatan Pekat. Sepintas saya perhatikan, dia orangnya focal, wawasannya luas. Apalagi bicara tentang budaya daerah dan pemuda, dia kuasai betul," beber Iwan.

Muhammad Fir'an, Tokoh Pemuda Manggelewa

"Saya ingat dia yang dulu datang menanyakan jejak sejarah Doro Melo dan Lanci Jaya. Dia banyak bercerita tentang sejarah Manggelewa dan Dompu secara detail. Jika dia yang maju sebagai ketua KNPI, kami dukung, kita ikut do'akan. Tapi kan, nggak bisa ikut milih? He.. he..," tandasnya tersipu.

Menambah jelas tentang sepak terjang dari Tokoh Pemuda yang juga Pendiri Makadana Dompu ini, di tulis oleh salah satu akun facebook Roland Bongkar berikut ini.

PROFIL

NAMA : MUHAMMAD IRADAT. S.Gz

TEMPAT : PUTRA DOMPU ASLI

CALON : KETUA KNPI KAB DOMPU 

Abang Muhammad Redo Iradat merupakan salah satu pemuda terbaik di kabupaten dompu, memiliki Track Record Organisasi yang baik dengan berbagai Prestasi, beliau di kenal sebagai sang Budayawan Dompu, berbagai tulisan Buku sejarah Dompu beliau ikut serta dalam Peneliti di akui secara nasional bahkan sampai internasional.

Secara Kemampuan kualitas dan intelektualnya kini tidak di ragukan lagi, Terbukti ketika beliau membina, mendidik, dan merangkul Organisasi-organisasi Kepemudaan & Kemahasiswaan Peguyuban bahkan Nasional di berbagai kegiatan Dialog, seminar dll, "Dapat Dilihat Berbagai Profil Beliau", Kemampuan Kualitas itu Jika dinilai di Atas Rata-Rata.

Sa'at Ini, Terdengar kabar bahwa Abang Muhammad Redo Iradat Calon Kandidat Ketua KNPI Kab Dompu, untuk itu diharapkan seluruh OKP-OKP Harus cerdas dan sungguh-sungguh melihat kemampuan dari para KOMPOTITOR.

Menurut Kami Abang Muhammad Redo Iradat adalah pilihan terbaik untuk pemuda Dompu, Beliau Memiliki kualitas & Kapasitas yang kuat untuk memimpin KNPI Kab Dompu, melihat pengetahuan dan pengalaman beliau. Insya Allah dengan Dukungan serta Do'a kita bersama, beliau akan memenangkan kompetisi ini. AAMIIN.

HARAPAN : Kuatkan PERJUANGAN tanpa mengenal lelah, Galang kekuatan & Memenangkan nya.

"Mohon Do'a & Dukungan," tutupnya. (Rif)

0 Comments

Informasi Pilihan: Info Bisnis Info Tekno Kabar Sehat Gaya Hidup Otomotif Info Sport Info CPNS Untuk Pemasangan Iklan Hubungi : Jurnalist Kami atau Phone Contact : 0823 4065 5800 atau 0823 3951 5747