Rekaman CCTVRSUD DompuVideo Mesum

Ulasan Kasus: Dari Viral Di Facebook Hingga Terkuak Identitas Pemeran Wanita Video Mesum Di Ruang Isolasi RSUD Dompu

Sunday, January 24, 2021, January 24, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-24T15:40:58Z
Ilustrasi, CCTV

Dompu Siar - Kasus Video Mesum yang diduga dilakukan Di Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Dompu, praktis menyita ruang publik baik jagad maya Dompu, bahkan jadi sorotan media mainstream lain di tanah air.

Berikut rangkuman peristiwa mulai dari pertama kali viral di jejaring media sosial, hingga terungkapnya pelaku penyebar dan terungkapnya pemeran dalam video berdurasi 1 menit 30 detik.


Lihat Ulasannya!


Untuk mengungkap dalang dan pelaku di balik Video yang berdurasi 1 menit 30 detik itu, polisi bergerak cepat (baca: gercep), melakukan investigasi hingga memeriksa saksi-saksi terkait.

Pasca Capture Rekaman 'Video Syur' Hebohkan Netizen Dompu

Informasi terkait video syur itu pertama kali diketahui publik dari postingan salah satu pengguna media social facebook di akun bernama Kejora Paramitha. Di akun facebooknya, Kejora memberi isyarat melalui postingannya terkait dengan video syur itu.

 “YANG MAU VIDEONYA,, TAHAN N SABAR YEAAAA…

TUNGGU WAKTUNYA” (emoticon)

Lanjut media online Editor.Co(.)Id, Bukan saja caption yang posting, Kejora juga mengupload gambar suasana adegan panas pasangan yang sedang indehoy beradegan ranjang bergaya Woman On Top, di mana posisi perempuan berada di atas sedangkan laki-laki dibawahnya.

Menyadari postingannya yang sempat viral, Akun Kejora Paramitha menghapus postingan tersebut lalu membuat postingan baru dengan mencantumkan sebuah caption bertuliskan sebagai berikut.

"Ngango ipi status nahu ede, wa'ur hapusku (Terlalu ribut satusku itu, udah aku hapus)," tulis Kejora di akun facebooknya.

Fakta Baru! Pengakuan Direktur RSUD Dompu

Di hadapan awak media, Direktur RSUD Dompu, dr. Alief Firyasa Maulana menyampaikan keterangan terkait dugaan warga net yang menyebutkan bahwa itu di ruang isolasi Pasien Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah Dompu, Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 11.00 Wita.

"Betul. Kejadiannya di Rumah Sakit Umum Daerah Dompu di Ruang Isolasi," ungkapnya didampingi Pengacara Supardin Siddik, SH dan Kasi Humas Ida Fitriani, S. Keb, sebagaimana dilansir dari Koran Lensa Pos

Alief mengaku, identitas kedua terduga pelaku juga sudah dikantongi. Tetapi ia enggan untuk menyebutkan dan meminta kepada para awak media untuk mengonfirmasi langsung kepada pihak Penyidik Kepolisian Resort Dompu. 

"Pelaku pria adalah pasien reaktif hasil rapid test pada tanggal 11 Januari 2021," beber Alief.

Ketika dikonfirmasi dugaan keterlibatan salah satu petugas Rumah Sakit, Alief membantahnya dengan tegas. 

Polisi Tetapkan Dua Oknum Pegawai RSUD Dompu

Setelah dilakukan proses penyelidikan dan pemeriksaan beberapa saksi, Kepolisian Resor Dompu akhirnya menetapkan 2 (dua) yakni, A, bekerja sebagai tenaga honorer dan AM, yang merupakan ASN di RSUD Kabupaten Dompu, Jum'at (22/1/2021), dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Dompu sekitar pukul 9.30 Wita.

“Kita sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus penyebaran video mesum di RSUD Dompu. Mereka adalah A honorer dan AM PNS Rumah Sakit,” ujar Kapolres Dompu AKBP Syaruf Hidayat, SIK.

Dalam keterangan persnya, Kapolres menjelaskan, tersangka A adalah pelaku yang pertama kali merekam, sedangkan HM diduga selaku penyebarluas adegan panas sebagaimana dalam capture 'video syur' itu melalui layar CCTV, yang ada di ruangan Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu beberapa waktu lalu.

“A pelaku yang pertama merekam, sementara HM adalah pelaku yang pertama kali menyebarluaskan,” ungkap Syarief.

Polisi Ungkap Aktor Pria Pemeran Dalam Video

Selanjutnya, Syarief juga mengaku bahwa pihaknya telah mengantongi nama pelaku pemeran dalam video tersebut. Pelaku pemeran adegan 'saruncu' di ruang Isolasi RSUD Dompu itu adalah oknum anggota di salah satu unit Kepolisian Resort Dompu.

“Hasil pemeriksaan oleh Propam, dan keterangan DT, HM serta A, bahwa memang benar pemeran dalam video tersebut adalah oknum anggota Polres Dompu berinisial F,” ujar Kapolres sebagaimana dilansir dari media online NTB Press.

Kapolres mengungkapkan bahwa F memang sedang di rawat di Ruang Isolasi karena diduga diserang Covid-19. Pihaknya juga menegaskan bahwa anggotanya tersebut akan dikenakan peraturan disiplin hingga ke kode etik. Ia terancam dijerat dengan Undang-undang Kesehatan.

Polisi Tetapkan Status Pada Salah Satu Akun Facebook

Dalam keterangan persnya, Kapolres melalui Kasat Reskrim Polres Dompu, IPTU Ivan Roland Cristofel, S.T.K, mengungkapkan bahwa Video Mesum berdurasi 1 menit 30 detik itu pertama terbongkar setelah salah satu Akun Facebook bernama, Kejora Paramitha mempostingnya kemudian tanggapi serius oleh para netizen.

”Awal mula yang bersangkutan tersebut mendapat video diduga ada adegan mesum disalah satu rumah sakit di Dompu yaitu berawal dari status saudara berinisial IK yang keberadaannya di Lombok Utara Kecamatan Pamenang,” terang Ivan Roland.

Dari hasil penyelidikan, lanjut Ivan Roland, Pemilik akun Facebook Kejora Paramitha tersebut meminta agar videonya dibagikan kepada dia dengan melalui messenger chat secara pribadi, sehingga saudara IK yang berada di Lombok Utara tersebut akhirnya memberikan Video tersebut. 

"Akun Kejora Paramitha, sementara ditetapkan dan diperiksa sebagai saksi," tutup Ivan Roland.

Terkuaknya Identitas Pemeran Wanita Dalam Video

Dari hasil investigasi sederhana yang dilakukan oleh salah satu media online setempatwanita tersebut diketahui berinisial 'N', saat ini berdomisili di Kota Bima. 

"Dari hasil investigasi standar yang dilakukan sejak beredarnya foto dan video hasil screenshoot terkait adegan tak senonoh tersebut, terkuak dugaan bahwa yang diduga pemeran perempuan dalam video itu berinsial N. N juga diduga warga asli Dompu tetapi tinggal di salah satu rumah kos di Kota Bima," tulis Visioner Bima di laman beritanya. 

Mengenai identitas jelas pemeran perempuan di video mesum itu, menurut sejumlah sumber rahasia kepada sejumlah awak media, N diduga merupakan lulusan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di salah satu Kota besar di Indonesia di bidang Kesehatan, memiliki salon kecantikan di salah satu wilayah di Kota Bima. Namun salon kecantikan yang diduga milik N ini, kini disebut-sebut sudah jarang beroperasi.

"Tak hanya itu, N disebut sebut memiliki ciri yakni berambut pirang, warna kulit kuning langsat, dengan badan yang tidak terlalu tinggi. Lagi-lagi menurut sejumlah sumber yang meminta namanya dirahasiakan, N memiliki hobi bernyanyi, dan tinggal di salah satu rumah kos di wilayah di Kota Bima," ungkap Visioner. (ds-ma)

Baca Selengkapnya:

SepekanMore